Obat Herbal Multiple Sclerosis

Obat Herbal Multiple Sclerosis, Definisi & Penanganan,- Selamat datang di website Jamu Obat Herbal. Pernahkah Anda mendengar tentang Multiple Sclerosis sebelumnya?

Multiple Sclerosis atau Sklerosis ganda, merupakan kondisi dimana imun mempengaruhi sel saraf dalam otak, juga tulang belakang. Bagaimana kondisi tersebut terjadi? Apa yang menjadi pemicu Multiple Sclerosis? Mari simak penjelasan selengkapnya, berikut ini dalam artikel yang kami beri judul besar yaitu Obat Herbal Multiple Sclerosis.

Obat Herbal Multiple Sclerosis

Obat Herbal Multiple Sclerosis, Definisi & Penanganan

Obat Herbal Multiple Sclerosis,- Multiple Sclerosis membuat penderita Multiple Sclerosis, membuat Myelin ( lapisan fosfolipid yang membungkus akson secara konsentrik ) meradang atau rusak, menganggu sinyal saraf, hingga kerusakan pada serat saraf dasar dan masih banyak lagi. Pada umumnya, penderita Multiple Sclerosis ada yang hanya mengalami satu gejala yang bisa dibilang cukup ringan, ada juga yang merasakan gejala dengan disabilitas cukup parah.

Neutron sebagai sel saraf di dalam tubuh kita dan merupakan unit terkecil dalam sistem saraf pusat (CNS) yang membuat kita sebagai manusia mampu untuk berpikir, mendengar, berbicara, merasakan, dan menjalankan aktivitas segalanya. Pada setiap Neuron disusun oleh sel tubuh, dendrit, serta akson (sambungan sel tubuh). Dan pada sebagian besar akson dalam sistem saraf pusat sudah terbungkus oleh selubung Myelin. Myelin berfungsi dalam membantu meningkatkan kecepatan sinyal elektrik yang bergerak sepanjang sel saraf. Jika Myelin rusak fungsinya seperti yang terjadi pada penderita Multiple Sclerosis, kondisi ini dapat menyebabkan kelumpuhan sedang hingga parah.

Gejala dan tanda-tanda Multiple Sclerosis.

Obat Herbal Multiple Sclerosis,- Gejala atau tanda-tanda yang muncul pda penderita Multiple Sclerosis tergantung pada berapa jumlah sel saraf yang rusak, dan jenis sel saraf yang rusak tersebut. Karena gejalanya cukup beragam dari satu orang penderita dan penderita lainnya. Akan tetapi, hampir semua pasien penderita Multiple Sclerosis akan mengalami tanda-tanda berikut.

  • Tutur kata menjadi tidak jelas.
  • Gangguan pada sistem saraf otonomi, seperti kehilangan kendali pada kandung kemih dan usus, serta disfungsi seksual.
  • Mengalami depresi.
  • Mengalami masalah mobilitas, seperti kecanggungan, kehilangan keseimbangan, kejang, kram pada otot, lemas pada kaki dan lengan.
  • Mengalami gangguan pada kemampuan kognitif, seperti menurunnya daya ingat, sulit konsentrasi, sulit memahami penggunaan bahasa, hingga kesulitan mengingat hal-hal yang baru terjadi.
  • Kelelahan sangat parah, kira-kira 90 persen dari penderita Multiple Sclerosis mengalami gejala ini.
  • Mengalami gangguan penglihatan, pandangan mengabur, dan buta warna.
  • Kehilangan indera, pada umumnya adalah gejala awal dari Multiple Sclerosis.

Masih ada gejala lainnya yang mungkin tidak tercantum diatas. Jika Anda merasakan tanda-tanda atau gejala serupa yang disebutkan, ada baiknya untuk segera mendatangi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Faktor Risiko Multiple Sclerosis.

Obat Herbal Multiple Sclerosis,- Selain karena sejumlah penyebab yang dijelaskan, seseorang bisa menderita Multiple Sclerosis karena memiliki faktor risiko, diantaranya adalah :

  • Ras.
  • Jenis kelamin.
  • Usia.
  • Faktor genetik / keturunan.
  • Menderita penyakti autoimun.
  • Menderita penyakit infeksi.
  • Perokok aktif.
  • Kekurangan asupan Vitamin D.

Diagnosis Multiple Sclerosis.

Obat Herbal Multiple Sclerosis,- Dalam pemeriksaan awal Multiple Sclerosis, dokter akan menanyakan pada pasien dengan memberikan pertanyaan seputar gejala-gejala yang dirasakan, serta apakah pasien memiliki riwayat penyakit lainnya dan keluarga. Setelah itu barulah pasien akan diarahkan untuk menjalani pemeriksaan fisik.

Jika benar Anda terdiagnosis oleh Multiple Sclerosis, maka pemeriksaan akan dilanjutkan karena tidak boleh sampai berhenti disitu saja. Pemeriksaan lanjutkan Multiple Sclerosis meliputi :

  • Pemeriksaan Neurologi => Untuk melihat bagaimana perubahan gerakan mata, refleks tubuh, serta kemampuan koordinasi tangan dan kaki.
  • Pemindaian Pencitraan Resonansi Magnetik (MRI scan) => Dengan tujuan untuk memeriksa kondisi selaput pelindung saraf (Myelin) pada otak dan saraf tulang belakang.
  • Pungsi lumbal => Adalah prosedur pemeriksaan yang dilakukan dengan mengambil sampel cairan sistem saraf dari tulang punggung belakang.
  • Pemeriksaan potensial bangkitan atau evoked potential test => Merupakan sebuah tes yang akan berguna dalam membantu memantau reaksi gelombang otak terhadap apa yang pasien Multiple Sclerosis lihat dan dengar.
  • Tes darah => Berguna untuk memastikan jika gejala bukan disebabkan oleh penyakit lain.

Penderita Multiple Sclerosis rata-rata berusia 20 tahun hingga 40 tahun.

Pengobatan Multiple Sclerosis.

Obat Herbal Multiple Sclerosis,- Pada penderita Multiple Sclerosis progresif primer, kondisi ini tidak dapat disembuhkan. Adapun jenis Multiple Sclerosis karena belum memiliki penanganan yang cukup efektif. Pengobatan Multiple Sclerosis dilakukan dengan tujuan mengurangi gejala dan kekambuhan pada pasien.

Sementara pada penderita Multiple Sclerosis kambuhan dan progresif sekunder pengobatan harus segera dilakukan. Adapun tujuan dari pengobatannya yaitu menurunkan dan meringankan gejala yang terjadi, menghambat perkembangan penyakit serta mengurangi kekambuhan. Multiple Sclerosis yang ringat tidak terlalu membutuhkan penanganan serius, kecuali memang gejala-gejala yang dirasakan sering kambuh dan mengalami peningkatan yang serius.

Tiap-tiap Multiple Sclerosis memiliki metode pengobatan yang berbeda-beda. Multiple Sclerosis kambuhan biasanya diberikan obat-obatan yang akan mengurangi frekuensi Multiple Sclerosis selalu kambuh.

Pencegahan Multiple Sclerosis.

Obat Herbal Multiple Sclerosis,- Karena Multiple Sclerosis termasuk penyakit autoimun yang belum jelas penyebabnya, maka tidak bisa dicegah. Akan tetapi, hal-hal dibawah ini bisa kita lakukan untuk mencegah diri dari penyakit apapun, termasuk Multiple Sclerosis.

  • Berolahraga dengan rutin.
  • Beristirahat dengan cukup.
  • Berhenti dari kebiasaan merokok yang tidak sehat.
  • Mengkonsumsi makanan sehat kandungan Omega 3, Vitamin dan serat.
  • Lakukan pemeriksaan rutin untuk memastikan tubuh dalam kondisi sehat.

Demikian ulasan mengenai Multiple Sclerosis, mulai dari pengertian, pengobatan hingga tips pencegahan. Semoga bermanfaat untuk And, dan jangan lupa bagikan/share kembali artikel diatas bermanfaat untuk semua orang. Salam sehat untuk Anda dan keluarga 🙂

Tags: