Obat Herbal Paratifus, Pengertian, Gejala dan Penanganannya

Obat Herbal Paratifus,- Selamat datang di website kami yang senantiasa mengupdate informasi tentang penyakit, berita kesehatan hingga pengobatan dengan menggunakan herbal. Jika Anda sedang mencari cara untuk mengetahui jenis obat herbal yang aman untuk penyakit Paratifus, disini akan kami bantu berbagi solusinya.

Obat Herbal Paratifus, Pengertian, Gejala serta penanganannya, bisa Anda simak lebih lanjut dalam artikel kami berikut ini.

Obat Herbal Paratifus

Obat Herbal Paratifus, Pengertian, Gejala dan Penanganannya

Apa itu Paratifus?

Obat Herbal Paratifus,- Paratifus, merupakan penyakit infeksi yang menyerang aliran darah dan juga usus. Seperti kemiripan namanya dengan penyakit Tifus/Tipes, Paratifus memiliki gejala yang serupa dengan penyakit Tifus namun lebih ringan, serta jarang mengalami komplikasi dan bisa sembuh dengan cepat.

Gejala Paratifus.

  • Mual.
  • Diare.
  • Demam.
  • Konstipasi.
  • Sakit kepala.
  • Nyeri perut.
  • Batuk kering.
  • Tidak nafsu makan.
  • Rasa tidak enak badan.
  • Pembesaran limpa dan hati.
  • Septikemia atau infeksi darah.
  • Anoreksia / berat badan menurun.
  • Munculnya ruam-ruam merah di badan.
  • Perubahan kondisi mental (kebingungan).
  • Ritma denyut jantung lebih rendah dari biasanya.

Penyebab Paratifus.

Cara penularan penyakit Paratifus juga sama dengan Tifus. Yaitu melalui makanan atau minuman yang dikonsumsi, dan telah terkontaminasi oleh kotoran yang terinfeksi bakteri. Penyebab Paratifus lainnya bahkan bisa terjadi melalui hubungan seksual sesama jenis. Adapun, pemicu seseorang mengalami Paratifus yaitu terkontaminasi bakteri yang bernama Salmonella paratyphi.

Berdasarkan data kesehatan yang beredar, diketahui jika infeksi bakteri Paratifus lebih banyak terjadi di negara-negara yang memiliki pendapatan per-kapita rendah, terutama di daerah-daerah yang kurang memiliki pasokan air bersih juga sanitasinya yang cukup buruk. Negara-negara yang rentan pada penyakit Paratifus lebih banyak terjadi kasusnya di negara-negara kawasan Asia Tenggara, seperti China, Nepal, India, Bangladesh, Pakistan, Papua Nugini, Kepulauan Karibia, serta negara-negara di Amerika tengah dan selatan, beberapa negara Timur Tengah, dan mayoritas negara di Afrika. Jika dilakukan perbandingan dengan penyakit Tifus, Paratifus lebih jarang terjadi.

Penanganan Paratifus dengan obat herbal bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut ini.

Obat Herbal Paratifus Dari Bahan Alami Yang Bisa Dibuat Sendiri.

  • Makan Pisang.

Obat Herbal Paratifus

Pisang termasuk jenis buah yang cukup mudah kita temukan. Manfaat Pisang untuk kesehatan juga sangat baik sebab di dalam kandungannya terdapat sejumlah nutrisi dan gizi. Dengan mengkonsumsi Pisang setiap hari bermanfaat untuk mencegah Anda terkena penyakit infeksi bakteri seperti tifus ataupun Paratifus.

Pisang memiliki kandungan alami yang disebut Pektin atau serat larut yang sangat mudah menyerap cairan di usus sehingga menurunkan risiko terkena diare sebagai salah satu gejala dari Paratifus. Tidak hanya itu, Kalium pada Pisang juga bermanfaat dalam membantu menggantikan elektrolit yang hilang akibat demam dan juga diare.

  • Daun basil.

Obat Herbal Paratifus

Daun basil, atau dikenal dengan sebutan lainnya yaitu daun selasih bisa digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk mengatasi gangguan Paratifus. Daun selasih memiliki sifat alami sebagai antibiotik serta antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab Paratifus didalam tubuh. Kandungan bahan alami tersebut juga cukup membantu dalam menurunkan demam, menghangatkan perut, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara membuatnya adalah :

  1. Gunakan kurang lebih 20 helai daun basil.
  2. Siapkan 1 sendok teh, jahe yang dihancurkan terlebih dahulu.
  3. Siapkan 1 gelas air.
  4. Rebus semua bahan hingga air berkurang setengahnya.
  5. Tambahkan sedikit madu.
  6. Minum 2 sampai 3 kali sehari sampai masa pemulihan.
  • Cengkeh.

Obat Herbal Paratifus

Cengkeh yang memiliki kandungan minyak esensial bersifat antibakteri. Tidak heran jika cengkeh termasuk bahan alami yang dapat digunakan sebagai Obat Herbal Paratifus. Cengkeh dapat membantu mengurangi tingkat keparahan diare dan muntah yang terjadi pada penderita Paratifus.

Cara membuatnya :

  1. Masukkan 5 – 7 kuncup Xengkeh ke dalam air mendidih.
  2. Rebus hingga airnya bersisa setengah.
  3. Matikan dan diamkan larutan hingga menjadi dingin.
  4. Minum secara rutin di siang hari selama minimal satu minggu.
  • Oralit.

Obat Herbal Paratifus

Penggantian cairan tubuh dengan oralit menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk mencegah dehidrasi pada penderita demam akibat infeksi bakteri. Membuat oralit juga bisa dengan 3 bahan dasar yang sudah pasti ada di rumah, yaitu air, gula dan garam.

Cara membuatnya : Campurkan setengah sendok teh garam dan 6 sendok teh gula ke dalam 4 gelas air. Minum larutan oralit selama beberapa kali dalam sehari sampai tubuh benar-benar pulih.

Cukup mudah bukan menemukan keempat macam obat herbal Paratifus diatas? Anda bisa mulai mencobanya sekarang juga. Oh ya, bahan alami diatas juga bisa digunakan pada penderita penyakit Tifus lho.

Semoga informasi diatas bermanfaat, jangan lupa bagikan/share ulang artikel kami melalui sosial media dibawah ini ya! Salam sehat 🙂

Tags: