Obat Herbal Tinnitus – Gejala Penyebab Dan Pencegahannya

Obat Herbal Tinnitus – Gejala Penyebab Dan Pencegahannya,- Tahukah anda apa itu tinnitus? Mungkin akan terasa asing bagi sebagian orang ketika mendengar kata tinnitus. Padahal tinnitus dapat menyerang semua usia. Tinnitus ialah telinga berdenging, bisa terjadi di salah satu atau kedua telinga. Tinnitus juga bukanlah penyakit, melainkan tanda adanya kerusakan di dalam otak dan sistem pendengaran.

Ada 2 jenis tinnitus yaitu tinnitus subjektif dan tinnitus objektif. Namun yang paling umum terjadi adalah jenis tinnitus subjektif. Selain mengetahui jenis tinnitus, ketahui juga penyebab dan gejalanya. Lalu apa penyebab dan gejala tinnitus?

 Obat Herbal Tinnitus - Gejala Penyebab Dan Pencegahannya

Obat Herbal Tinnitus – Gejala Penyebab Dan Pencegahannya

Sebelum masuk ke pembahasan pengobatan tinnitus, alangkah baiknya ketahui dahulu tentang penyebabnya. Dan berbagai faktor penyebab tinnitus ialah terjadinya kerusakan di telinga bagian dalam, infeksi telinga, adanya kotoran yang menumpuk di dalam telinga, cedera leher atau kepala, dan gangguan kesehatan tertentu seperti penyakit lyme, sindrom outlet toraks serta hipertiroidisme.

Gejala Tinnitus Yang Harus Diketahui

Gejala tinnitus ialah telinga berdenging. Namun munculnya bunyi berdenging tersebut pada setiap penderita tinnitus berbeda-beda, ada yang terus menerus ada juga yang hilang timbul.

Tinnitus memang bukan kondisi yang serius, namun penderita tinnitus tetap harus memeriksakan pada dokter spesialis THT bila bunyi berdenging pada telinga membuat anda sulit tidur, bahkan bila disertai dengan gejala kehilangan pendengaran dan pusing.

Metode Penanganan Tinnitus

Metode pengobatan tinnitus pada setiap penderita tinnitus berbeda-beda, tergantung penyebabnya. Berikut ini metode pengobatannya:

  • Jika disebabkan karena adanya kotoran yang menumpuk di dalam telinga maka dokter akan meresepkan obat tetes telinga atau dengan cara pembersihan telinga.
  • Operasi
  • Terapi suara
  • Terapi perilaku kognitif
  • Tinnitus retraining therapy

Metode Penanganan Tinnitus Secara Alami

Pengobatan tinnitus juga bisa di rumah yaitu dengan menggunakan bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat herbal tinnitus. Berikut langkah pengobatan tinnitus di rumah secara alami:

Daun kemangi

Cara mengurangi gejala tinnitus adalah dengan memanfaatkan daun kemangi. Cara pengolahannya pun sangat mudah yaitu:

  • Sediakan segenggam daun kemangi dan cuci bersih.
  • Tumbuk sampai benar-benar halus
  • Tambahkan sedikit air dan saring.
  • Teteskan air daun kemangi ke dalam telinga yang terkena tinnitus

Minyak kelapa

Selain memanfaatkan daun kemangi, pengobatan tinnitus dengan cara tradisional juga bisa dengan memanfaatkan minyak kelapa. Teteskan minyak kelapa tersebut pada lubang telinga yang terkena tinnitus.

Minyak wijen

Cara mengurangi gejala tinnitus bisa dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan minyak wijen. Teteskan minyak wijen tersebut pada lubang telinga yang terkena tinnitus.

Oregano

Cara mengobati tinnitus secara alami adalah dengan tanaman oregano. Karena tanaman ini bersifat antibakteri, antiinflamasi dan antivirus. Sehingga dapat meredakan peradangan atau bengkak pada penderita tinnitus.

Caranya membuat obat herbal tinnitus dari tanaman herbal oregano sangat mudah yaitu sediakan segelas air panas dan masukkan oregano. Aduk sampai merata dan diamkan 15 menit. Minum ramuan ini secara teratur.

Sari cuka apel

Bahan alami yang bisa dijadikan obat herbal tinnitus adalah sari cuka apel. Caranya membuat obat herbal tinnitus dari cuka apel sangat mudah seduhlah sari cuka apel dengan setengah cangkir air yang hangat. Minum ramuan ini 2 kali sehari.

Demikian informasi tentang obat herbal tinnitus dari tanaman herbal lengkap dengan gejala penyebab dan pencegahannya. Supaya informasi kesehatan ini bermanfaat untuk banyak orang, silahkan share ke sosial media. Dan bila dengan cara alami diatas tinnitus belum membaik juga, maka sebaiknya periksakan lagi pada dokter spesialis THT.

Tags: