Obat Keracunan Merkuri

Obat Keracunan Merkuri – Selamat berkunjung di website https://jamuobatherbal.com, situs yang menyediakan berbagai informasi tentang kesehatan serta gangguan pada tubuh. Untuk pembahasan kali ini adalah tentang obat herbal keracunan merkuri dengan anjuran dokter. Keracunan merkuri atau raksa terjadi saat seseorang terpapar merkuri dalam jumlah tertentu. Racun merkuri biasanya meyerang sistem saraf, saluran pencernaan, serta ginjal. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan Anda simak pembahasan di bawah ini.

obat herbal keracunan merkuri

Obat Herbal Keracunan Merkuri

Pengertian Keracunan Merkuri

Keracunan merkuri atau raksa terjadi saat seseorang terpapar merkuri dalam jumlah tertentu. Racun merkuri biasanya meyerang sistem saraf, saluran pencernaan, serta ginjal. Keracunan dapat terjadi melewati uap yang dihirup, konsumsi makanan tercemar merkuri, suntikan, serta penyerapan kulit. Merkuri yaitu unsur logam yang terdapat secara alami dalam produk sehari-hari, misal produk makanan, tetapi jumlahnya disekitar meningkat seiring pertumbuhan industri.

Gejala Utama Keracunan Merkuri

Gejala keracunan merkuri bisa terlihat begitu bahaya, ringan, atau bahkan tidak muncul sama sekali. Semua itu tergantung dari bentuk merkuri yang masuk ke dalam tubuh, cara masuknya, banyaknya merkuri yang masuk, lamanya paparan, usia seseorang, serta keadaan kesehatan orang tersebut secara umum. Gejala-gejala yang muncul bisa menyerang sistem saraf, ginjal, jantung, paru-paru, serta sistem kekebalan tubuh. Adapun berikut gejala yang bisa muncul menurut sistem organ tubuh, yaitu :

Sistem saraf – Sistem saraf bisa dipengaruhi oleh merkuri, sehingga menyebabkan gejala, diantaranya :

  • Tremor
  • Sulit berjalan
  • Hilang ingatan
  • Sakit kepala
  • Kelemahan otot
  • Gangguan penglihatan
  • Gangguan bicara dan mendengar
  • Kesemutan, terutama di sekitar tangan dan kaki, dan mulut

Ginjal – Keracunan merkuri bisa menimbulkan gagal ginjal.

Jantung – Keracunan merkuri bisa menyebabkan nyeri dada, dan penimbunan merkuri di jantung akan menyebabkan kardiomiopati, yakni kelainan pada otot jantung.

Saluran Pernapasan – Menghirup uap merkuri bisa menimbulkan radang tenggorokan hingga menyebabkan gagal napas, jika terpapar dalam jumlah besar.

Kulit – Merkuri yang terpapar pada kulit menyebabkan ruam dan peradangan.

Penyebab Terjadinya Keracunan Merkuri

  • Mengkonsumsi ikan yang tercemar merkuri.
  • Terhirup uap merkuri ketika lampu neon pecah.
  • Menghirup asap gunung meletus atau kebakaran hutan.
  • Menggunakan krim pencerah kulit yang mengandung merkuri.
  • Terhirup uap merkuri ketika pemanasan biji emas dipertambangan emas.
  • Tambalan gigi yang mengandung amalgam bisa melepas merkuri, sehingga bisa terhirup atau tertelan.
  • Terhirup uap merkuri ketika termometer raksa pecah atau tertelan air raksa saat tidak sengaja temometer pecah di dalam mulut.
  • Menghirup udara yang tercemar akibat proses industri, misal asap pembakaran batubara, pembakaran bahan bakar minyak, serta pembakaran kayu.

Untuk obat herbal keracunan merkuri belum tersedia, jadi saya rekomendasikan obat yang biasanya disarankan dokter, yaitu :

Detoksifikasi logam berat

  • Bisa menjalani detoksifikasi logam berat dengan cara mengembangkan asupan makanan vitamin C, sayuran berdaun hijau, serta ketumbar. Ketumbar yaitu suatu pilihan ramuan terbaik untuk menjalani detoksifikasi logam berat. Jalani anjuran dari dokter sebelum adanya obat herbal keracunan merkurisecara alami.

Terapi khelasi

  • Terapi khelasi adalah suatu bentuk cara lain untuk menangani keracunan logam berat misal merkuri. Terapi khelasi menghubungkan larutan kimia yang disebut EDTA, yang diberikan ke dalam tubuh serta umumnya disuntikkan ke dalam aliran darah sampai dapat mengikat mineral berlebih. Jalani anjuran dari dokter sebelum adanya obat herbal keracunan merkuri secara alami.

Milk thistle

  • Milk thistle ini terbukti efektif dalam mendukung detofksifikasi tubuh dari logam berat. Bahkan aktif didalamnya yang disebut silymarin, dimana mempunyai efek pembersihan yang luar biasa pada hati dan kantong empedu. Sehingga membantu tubuh lebih efektif memulihkan dari keracunan merkuri. Maka dapat dijadikan sebagai obat herbal keracunan merkuri.

Konsumsi probiotik

  • Berdasarkan studi, spesies bakteri baik yang diketahui sebagai Lactobacillus, yang dapat dijumpai di mulut manusia, usus, dan makanan fermentasi, mempunyai keahlian untuk mengikat dan mendetoksifikasi sebagian logam berat. Dapat mengkonsumsi yoghurt, kefir, serta sayuran seperti kimchi. Dengan mengkonsumsi minuman probiotik dengan teratur, bisa memperbaiki kesehatan usus dan membantu mengatasi tubuh dari keracunan merkuri. Maka dapat dijadikan sebagai obat herbal keracunan merkuri.

Demikian informasi dari kami seputar kesehatan terutama tentang obat herbal keracunan merkuri. Segera bagikan kepada sesama, sosial media, atau kerabat terdekat agar mereka dapat memahami tentang pengobatan, gejala dan penyebabnya serta bagi yang mengalami semoga segera diberikan kesembuhan amin. Semoga bermanfaat & Terima kasih.

Tags: