Obat Ruam Popok Alami – Gejala Penyebab dan Pencegahannya

Obat Ruam Popok Alami – Gejala Penyebab dan Pencegahannya,- Selamat datang dan terima kasih telah berkenan mengunjungi website www.jamuobatherbal.com yang setia memberikan berbagai informasi terkini mengenai tips dan kesehatan. Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi mengenai ruam popok yang sering dialami oleh bayi.

Bagi orang tua yang baru memiliki anak harus mengetahui banyak hal yang berkaitan dengan kesehatan dan perawatan bayi misalnya ruam popok salah satu hal yang tentunya hampir semua orang tua tidak menginginkan ruam popok terjadi pada bayinya, dan hampir semua bayi pernah mengalam ruam popok. Sebagai orang tua sangat penting untuk mengetahui pengertian, gejala, penyebab, pencegahan serta berbagai obat ruam popok alami agar tidak semakin parah.

obat ruam popok alami

Obat Ruam Popok Alami – Gejala Penyebab dan Pencegahannya

Ruam popok merupakan iritasi yang terjadi diarea kulit yang tertutup yang sering disebut dermatitis popok (diaper rash). Ruam popok terjadi biasanya karena pemakaian popok yang terlalu lama sehingga membuat paha dan pantat bayi menjadi merah dan membuat bayi tidak nyaman.

Lalu apa ada obat ruam popok alami yang aman untuk si kecil? Sebelum mengetahuinya, anda perlu mengetahui ciri / gejala dan penyebab kenapa bisa terjadi ruam popok, simak penjelasannya berikut ini.

Ciri / Gejala Ruam Popok Pada Bayi

  • Diarea kulit bayi yang tertutupi popok terlihat kemerahan bahkan pada area tersebut dapat terjadi iritasi yang parah seperti terjadi pembengkakan atau luka terbuka.
  • Jika terjadi ruam popok suhu kulit akan lebih hangat daripada dengan suhu kulit yang sehat.
  • Bayi akan sering menangis karena tidak nyaman saat memakai popok.
  • Pada umumnya, secara terus-menerus ruam popok terjadi karena kulit bayi yang mengalami kondisi basah dan kering serta sentuhan dengan hal yang dapat memicu iritasi karena terdapat jamur maupun bakteri.

Penyebab Ruam Popok Pada Bayi

  • Antara popok dengan kulit terjadi gesekan, ada riwayat alergi, pemakaian popok yang terlalu ketat maupun pemakaian diaper yang terbuat dari plastik atau karet yang teralu lama sehingga dapat berakibat iritasi pada kulit.
  • Penggunaan sabun detergen untuk mencuci popok.
  • Kandungan alkohol yang berlebihpada tisu basah.
  • Kandungan Ph tidak seimbang pada sabun bayi.
  • Jarang mengganti popok/pemakaian popok yang terlalu lama.
  • Bayi yang mengkonsumsi antibiotik juga bisa terkena ruam popok. Pada ibu menyusui sebaiknya jangan mengkonsumsi antibiotik karena dapat membawa efek buruk pada bayi dan terlebih dahulu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.
Obat Ruam Popok Alami Untuk Bayi Yang Mudah Dibuat Di Rumah
  • Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung antikuman dan antijamur sehingga dapat dipakai sebagai obat ruam popok alami dan juga secara alami dapat melembutkan serta melembapkan kulit bayi.

  • ASI

Tidak hanya efektif menangkal infeksi ASI juga dapat menghaluskan kulit bayi. Untuk obat ruam popok alami  anda cukup gosokanlah beberapa tetes ASI sesering mungkin ke area yang terkena infeksi sebelum mengenakan popok baru.

  • Petroleum Jelly

Biasanya dokter akan menyarankan orang tua untuk mengoleskan petroleum jelly tipis-tipis ke permukaan kulit bayi setiap mengganti popok karena petroleum jelly bisa melindungi area popok dari iritasi akibat urin dan feses.

Cara penggunaannya :

  1. Setelah membuka popok lama, terlebih dahulu bersihkan pantat bayi dengan air hangat.
  2. Kemudian keringkan dengan handuk katun dan oleskan petroleum jelly.
  3. Lakukanlah cara tersebut setiap anda mengganti popok agar ruam popok cepat hilang.
  • Shea Butter

Obat ruam popok alami lainnya bisa dengan menggunakan Shea butter yang memiliki sifat antijamur, antialergi, dan antiradang serta kandungan lemak sayur yang ada didalamnya dapat meningkatkan sirkulasi, membantu meregenerasi kulit, dan membantu menyembuhkan ruam dengan cepat.

Cara penggunaanya :

  1. Terlebih dahulu bersihkan pantat bayi dengan sabun dan air hangat kemudian keringkan dengan cara ditepuk-tepuk.
  2. Lalu gosokan shea butter murni secara perlahan ke pantat dan area sekitar hingga merata kemudian tekanlah tangan kearea yang terkena infeksi.
  3. Diamkanlah selama beberapa menit dan setelah itu anda bisa langsung memakaikan popok yang baru pada si buah hati.

Itulah berbagai obat ruam popok alami yang bisa anda terapkan pada si kecil untuk membantu meringankan gejala ruam.

Selain dengan obat ruam popok alami, ada beberapa langkah pencegahan yang dapat anda lakukan agar tidak terjadi ruam popok dan ruam popok tidak semakin parah, diantaranya :

  • Agar tetap kering dan bersih jagalah area popok dan dalam waktu 24 jam gantilah popok sebanyak 6 – 9 kali.
  • Saat membersihkan area popok tidak disarankan untuk memakai tisu basah atau pembersih lain yang memiliki kandungan alkohol atau parfum karena alkohol dapat membuat kulit bayi menjadi kering dan parfum mungkin akan terjadi alergi pada kulit bayi yang sensitif.
  • Pada kulit bayi yang kering dan sensitif yang mudah terkena iritasi sebaiknya bersihkan dengan air hangat dan kapas ataupun handuk.
  • Ketika membersihkan dengan air lakukan gerakan menepuk agar terhindar dari gesekan yang dapat memicu iritasi. Begitu juga saat mengeringkannya lakukan dengan gerakan menepuk.
  • Untuk membersihkan popok hindari produk orang dewasa yang biasanya mengandung bahan kimia yang keras.
  • Sebelum mengenakan popok, oleskanlah krim atau petroleum jelly pada area popok.
  • Jangan menggunakan bedak karena dapat menimbulkan jamur dan bakteri pada area popok apalagi bedak yang mengandung talc, jika terhirup bayi akan menimbulkan masalah pada paru-paru.
  • Jangan memakai popok yang terbuat dari plastik karena dapat mencegah udara masuk.
  • Jika memakai popok kain, setelah proses pencucian dengan detergen agar tidak terdapat kuman, bakteri, dan zat kimia dari detergen yang menyebabkan iritasi sebaiknya rebuslah popok kain kurang lebih selama 15 menit.
  • Selain itu, jangan mengenakan popok yang terlalu ketat karena dapat mencegah udara yang masuk dan meninggalkan bekas memerah pada area popok.
  • Hindari penggunaan krim yang memiliki kandungan boric acid, phenol, camphor, dan methyl salicylate.
  • Apabila masih terjadi ruam popok maka gantilah produk detergen, popok, atau krim yang digunakan karena mungkin saja bayi alergi dengan merk produk tertentu.

Butuh waktu beberapa hari bahkan beberapa minggu untuk sembuh dari ruam popok. Dan apabila anda sudah melakukan berbagai cara diatas namun ruam popok pada bayi masih belum sembuh, sebaiknya segeralah bawa ke dokter anak untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tags: