Pengobatan Herbal Biduran

Pengobatan herbal biduran dari tanaman herbal,- Biduran adalah salah satu penyakit yang sering dialami banyak orang. Sehingga sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata biduran. Bagi anda yang belum pernah mengetahui informasi tentang biduran dan juga belum mengalaminya, tak ada salahnya untuk mengetahui informasi tentang biduran. Terlebih bagi anda yang memiliki riwayat alergi. Dan kali ini di website jamu obat herbal akan memberikan informasi tentang biduran.

Pengobatan Herbal Biduran

Pengobatan Herbal Biduran Dari Tanaman Herbal

Pengobatan Herbal Biduran,- Biduran atau disebut juga dengan urtikaria ialah reaksi kulit yang ditandai dengan ruam. Ruam tersebut bisa muncul seluruh bagian tubuh. Bahkan ruam pada kasus biduran ini akan terasa gatal, bahkan akan terasa perih dan panas bila ruamnya digaruk telalu ekstrim. Biduran tidak hanya dialami oleh orang dewasa daja, tapi bisa juga dialami oleh anak-anak bahkan bayi.

Biduran atau urtikaria terbagi menjadi 4 jenis yaitu urtikaria akut, urtikaria kronis, urtikaria fisik dan urtikaria dermatografisme. Urtikaria akut adalah urtikaria yang berlangsung selama kurang dari 6 minggu. Urtikaria kronis ialah urtikaria yang berlangsung selama lebih dari 6 minggu. Urtikaria kronis bisa muncul dan menghilang dalam kurun waktu tertentu.

Sedangkan urtikaria fisik ialah jenis urtikaria yang terjadi karena adanya stimulasi fisik secara langsung yang terjadi pada kulit. Dan urtikaria dermatografisme ialah jenis urtikaria yang disebabkan karena seseorang menggaruk kulit terlalu keras sehingga mengakibatkan kulit terkena alergi.

Penyebab biduran

Pengobatan Herbal Biduran,- Ada beberapa kondisi yang bisa memicu biduran atau urtikaria diantaranya:

  • Kontak dengan pemicu dan penyebab alergi seperti gigitan serangga, tungau debu, bahan kimi tertentu dan serbuk sari.
  • Infeksi
  • Paparan udara dingin atau panas
  • Obat-obatan tertentu seperti obat antiinflamasi nonsteroid dan obat antibiotik.
  • Alergi makanan seperti makanan laut, telur dan kacang.
  • Kondisi kesehatan seperti kanker dan lupus
  • Mengkonsumsi zat aditif yang ada dalam minuman ataupun makanan

Gejala Biduran

Pengobatan Herbal Biduran,- Ada beberapa gejala biduran yang harus diketahui diantaranya:

  • Terdapat ruam pada kulit
  • Kulit memerah dan terasa gatal
  • Terasa perih dan menyengat

Ada beberapa hal yang bisa memperburuk gejala biduran yaitu suhu udara yang dingin atau panas, minuman yang mengandung kafein dan alkohol dan kondisi stres.

Pengobatan Biduran Secara Medis

Bila biduran yang anda alami tersebut tergolong akut, maka pengobatannya adalah dengan pemberian obat-obatan seperti antihistamin dan kortikosteroid. Sedangkan bila biduran tergolong kroni makan pengobatannya adalah dengan obat-obatan seperti siklosporin, omaluzimab, leukotriene receptor antagonists, antihistamin H1 dan H2 dan kortikosteroid.

Pengobatan Biduran Secara Alami dengan Tanaman Herbal

Pengobatan Herbal Biduran,- Ada beberapa tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan pada penderita biduran yaitu diantaranya:

  • Temulawak

Pengobatan herbal biduran dari tanaman herbal temulawak bisa menjadi pilihan pengobatan alternatif untuk penderita biduran. Berikut adalah cara mengolah temulawak sebagaii obat biduran alami yaitu sediakan 15 gram temulawak, 1 batang buah asam jawa dan gula aren. Cuci bersih temulawak, lalu iris tipis-tipis dan rebus temulawak dengan bahan lainnya menggunakan 2 gelas air. Biarkan sampai mendidih dan bila sudah tersisa 1 gelas maka angkat air rebusannya. Minum ramuan ini 2 kali sehari, setengah gelas setiap kali minumnya.

  • Daun kelor

Selain temulawak, daun kelor juga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan biduran. Sediakan daun dan batang daun kelor, sediakan pula 2 gram pulosari dan 1 siung bawang merah. Cara mengolahnya yaitu rebus semua bahan dengan 3 gelas air, boarkan sampai mendidih dan tersisa 2 gelas saja. Saring dan minum rmauan ini 2 kali sehari masing-masing segelas.

  • Kunyit

Kunyit adalah salah rempah-rempah yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan salah satunya pengobatan biduran. Sediakan 20 gram kunyit, 10 gram daun sambilotom 30 gram daun kelor, 1 sdm adas dan 3 butir bawang merah. Cuci semua bahan kecuali bawang merah. Lalu tumbuk semua bahan hingga halus dan rebus dengan 3 gelas air. Biarkan sampai mendidih dan bila air rebusannya tersisa 1 1/2 gelas, maka angkat air rebusannya. Saring dan minum ramuan ini 3 kali sehari 1/2 gelas setiap kali minumnya.

  • Daun jombang

Salah satu tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan biduran adalah daun jombang. Sediakan daun jombang, lalu cuci bersih dan rebus dengan 400 cc air. Biarkan sampai mendidih sampai airnya tersisa setengahnya. Bila sudah hangat, minum air rebusannya.

  • Minyak zaitun

Salahh satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan biduran adalah minyak zaitun. Campurkan minyak zaitun dengan minyak kayu putih dan menthol kristal dengan takaran masing-masing 1 sendok makan. Lalu gosokkan ramuan ini pada bagian kulit yang biduran.

  • Daun salam

Bahan alami selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai obat biduran alami yaitu daun salam. Caranya sediakan dahulu bahannya yaitu segenggam daun salam, lalu cuci bersih dan rebuslah dengan 3 gelas air. Biarkan sampai menidih sampai airnya tersisa 1 gelas saja. Rebusan daun salam tersebut dapat digunakan untuk mandi oleh penderita biduran.

Masih banyak lagi tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan yaitu duan srigunggu, akar multiflora, jahe dan daun sirih.

Tips Pencegahan

Pengobatan Herbal Biduran,- Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko biduran diantaranya:

  • Menghindari faktor pencetusnya
  • Bila biduran disebabkan oleh makanan, maka jangan konsumsi makanan yang menyebabkan biduran.

Setelah mengetahui pengobatan herbal biduran dari tanaman herbal. Maka bagi anda yang sedang mengalami biduran dan memilih cara alami untuk mengatasinya, maka anda bisa membuat ramuan tradisional tersebut.

Tags: