Pengobatan Herbal Cacar Air – Penyebab Dan Pencegahannya

Pengobatan Herbal Cacar Air – Penyebab Dan Pencegahannya,- Pernah mengidap cacar air? Atau anda dan salah satu keluarga anda sedang mengidap penyakit cacar air dan tidak tahu bagaimana cara pengobatannya? Bahkan tidak tahu penyebab cacar air dan gejalanya. Berikut adalah informasi tentang pengobatan herbal cacar air lengkap dengan penyebab, gejala, serta cara pencegahannya.

Pengobatan Herbal Cacar Air - Penyebab Dan Pencegahannya

Pengobatan Herbal Cacar Air – Penyebab Dan Pencegahannya

Sebelum masuk ke pembahasan pengobatan herbal cacar air, alangkah baiknya mengetahui sedikit informasi tentang cacar air. Secara medis cacar air disebut juga dengan varisela. Penyakit ini umumnya dialami oleh anak-anak. Namun, tidak menutup kemungkinan diderita oleh orang dewasa.

Penyebab Penyakit Cacar Air

Berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan salah satunya adalah cacar air. Namun, setiap penyakit disebabkan oleh virus yang berbeda. Cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Virus ini sangat mudah menular melalui percikan cairan, misalnya ketika penderita cacar air batuk atau bersin. Penularan pun bisa lewat kontak langsung.

Faktor Risiko Cacar Air

Berbagai faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang tertular cacar air diantaranya:

  • Orang yang belum pernah mengidap cacar air
  • Orang yang belum pernah melakukan vaksin cacar air
  • Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah
  • Orang yang bekerja di rumah sakit atau di tempat umum lainnya seperti sekolah.
  • Orang yang tinggal bersama pengidap cacar air

Gejala Penyakit Cacar Air

Sebelum mengetahui tentang pengobatan herbal cacar air, maka sebaiknya ketahui dahulu gejalanya. Gejala penyakit cacar air yang paling umum muncul adalah ruam merah di kulit dan akan berubah jadi bintil merah yang berisi cairan. Bintil merah yang berisi cairan tersebut akan membuat penderita cacar air terasa gatal, namun bintil cacar air akan mengering. Selain muncul pada wajah, bintil cacar air juga bisa muncul pada kulit kepala, belakang telinga, lengan, kaki, perut dan dada.

Tidak hanya bintil merah, gejala lainnya yang bisa dialami penderita penyakit cacar air adalah sakit kepala, nyeri otot, dan demam. Bahkan berkurangnya nafsu makan.

Metode Pengobatan Penyakit Cacar Air Secara Medis

Tidak ada pengobatan khusus bagi penderita cacar air, namun pengobatan pun harus dilakukan supaya dapat mengurangi penyebaran virusnya. Bila penderita cacar air mengalami demam dan nyeri maka biasanya dokter memberikan obat analgesik atau obat pereda rasa sakit.

Selain itu, dokter juga memberikan obat antivirus acyclovir, obat ini berfungsi untuk meringankan gejala cacar air. Oleh karena itu, bila anda mengidap cacar air dan diberikan obat ini oleh dokter, maka gunakanlah obat yang telah diberikan dokter tersebut. Namun, bila pengobatan secara medis cacar air yang anda derita belum membaik juga, maka anda bisa beralih pada pengobatan herbal cacar air.

Pengobatan Cacar Air Secara Alami

Selain pengobatan medis, pengobatan pun bisa dengan cara alami yaitu dengan memanfaat bahan alami atau bisa juga melakukan pengobatan di rumah dengan pengobatan herbal cacar air.

  • Kacang hijau

Pengobatan cacar air secara alami yaitu dengan menggunakan kacang hijau. Cara mengolahnya pun sangat mudah yaitu:

  • Rendam kacang hijau selama semalaman.
  • Bila tekstur kacang hijau sudah halus, maka tumbuk sampai halus.
  • Balurkan pada bagian tubuh yang terasa gatal akibat cacar air dan diamkan 20 menit.
  • Bilas dengan air hangat

Jagung muda

Jagung tidak hanya untuk dikonsumsi, tapi juga dapat dijadikan ramuan tradisional untuk cacar air. Parut jagung muda dan oleskan pada bagian tubuh yang terkena cacar air.

Jadi pengobatan cacar air tidak hanya dengan cara medis saja, tapi juga bisa dengan cara alami dan herbal yaitu seperti rekomendasi pengobatan herbal cacar air diatas.

Cara Pencegahan Penularan Cacar Air

Penularan virus cacar air bisa dicegah dengan cara berikut ini:

  • Cuci tangan dengan sabun bila anda terjadi kontak dengan penderita cacar air.
  • Gunakan masker bila anda tinggal bersama penderita cacar air.
  • Cuci baju penderita cacar air secara terpisah

Hal yang harus dihindari saat menderita cacar air

  • Jangan menggaruk bintil merah yang berisi cairan
  • Jangan keluar rumah saat mengalami cacar air

Itulah informasi tentang pengobatan herbal cacar air lengkap dengan penyebab, gejala, dan cara pencegahannya. Sama seperti beberapa penyakit lainnya, penyakit cacar air pun bisa dengan cara medis dan bisa juga dengan cara alami bahkan herbal yaitu dengan pengobatan herbal cacar air.

Terimakasih telah mengunjungi website www.jamuobatherbal.com.

Tags: