Pengobatan Herbal CTS (carpal tunnel syndrome)

Pengobatan Herbal CTS Dengan Bahan Alami Yang Mudah Didapat,- Carpal Tunnel Syndrome atau CTS merupakan kondisi yang menggambarkan terjadinya sensasi nyeri, mati rasa dan kesemutan pada jari tangan. Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, dan mungkin Anda yang mengalami kerap mengabaikannya padahal jelas-jelas kondisi tersebut harus segera mendapat penanganan.

Melalui website jamu obat herbal kami disini akan membantu Anda menemukan cara alternatif pengobatan herbal CTS (carpal tunnel syndrome) dengan bahan-bahan alami dari bahan alami, lengkap dengan sedikit pengertian lengkap hingga gejala dari penyakit yang memiliki sebutan lain sebagai sindrom terowongan (lorong) kapal ini. Berikut ini selengkapnya.

Pengobatan Herbal CTS

Pengobatan Herbal CTS (carpal tunnel syndrome), Pengertian dan Gejalanya.

Pengobatan Herbal CTS,- CTS atau Carpal Tunnel Syndrome menyebabkan penderitanya mengeluhkan rasa sakit/nyeri di pergelangan dan jari-jari tangan, kiesemutan hingga mati rasa. Bagian-bagian yang berpengaruh biasanya terjadi pada telunjuk, jari tengah dan jempol. Berdasarkan gejalanya kondisi ini bisa berlangsung secara terus-menerus dengan perlahan, namun berkembang semakin parah terutama saat malam hari.

Carpal tunnel disebut juga lorong-lorong sempit ini berada pada pergelangan tangan kita. Memiliki ujung yang terbuka di bagian telapak tangan, lorong-lorong ini dikelilingi dengan tulang-tulang pergelangan tangan yang tepat pada bagian bawah serta ligamen atau jaringan ikat yang melintang tepat berada di atasnya.

Saraf median akan berjalan melalui lorong-lorong tersebut dan kemudian memberikan sensasi perasa seperti sentuhan pada telapak ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, dan setengah dari jari manis. Saraf median juga berfungsi dalam memberikan tenaga pada otot tangan untuk dapat menjepit (mencubit) benda oleh ibu jari dan ujung jari-jari lainnya.

Saat terjadi pembengkakan di bagian saraf, tendon, atau keduanya, saraf Median akan tertekan dan berakibat pada kemunculan kondisi Carpal tunnel syndrome (CTS). Namun tidak hanya itu, CTS juga dapat disebabkan akibat beberapa kondisi lainnya, diantaranya adalah radang sendi, kehamilan, dan aktivitas yang memiliki gerakan berulang yang akhirnya memicu penekanan pada saraf Median. Saat saraf ini terjepit, kondisi ini akan menimbulkan mati rasa, kesemutan, dan terkadang muncul rasa sakit di bagian-bagian yang terpengaruh oleh saraf Median.

Gejala CTS atau Carpal Tunnel Syndrome.

Selain kesemutan, mati rasa dan sakit, 3 gejala berikut juga turut terjadi pada penderita Carpal Tunnel Syndrome. Gejala tersebut antara lain :

  • Ibu jari melemah (tidak ada kekuatan untuk /menahan dengan ibu jari).
  • Mengalami rasa seperti tertusuk pada jari tangan.
  • Mengalami sakit yang menjalar ke bagian lengan.

Untuk mengenali apakah Anda terkena CTS, perlu dilakukan pemeriksaan diagnosis. Dokter akan melakukan sejumlah pemeriksaan jika kondisi ini berasal dari CTS. Sejumlah pemeriksaan tambahan pun dijalankan, seperti tes darah, elekrtomiografi hingga pencitraan dengan untrasonografi.

Pengobatan CTS atau Carpal Tunnel Syndrome.

Dalam kondisi tertentu, kondisi CTS tidak memerlukan pengobatan khusus sebab akan pulih dengan sendirinya. Jika kondisi ini pun dialami oleh ibu hamil, CTS cenderung membaik setelah 3 bulan melahirkan.

Untuk membantu penderita CTS beraktivitas dan mengurangi nyeri, bisa dilakukan dengan membalut pergelangan tangan yang disanggga papan kecil. Hal ini bertujuan agar tidak terlalu banyak gerakan pada tangan, telapak dan jari-jari sehingga menghindari terjadinya penekanan pada saraf median.

Adakah pengobatan herbal untuk mengatasi CTS / Carpal Tunnel Syndrome? Jawabannya tentu saja ada. Berikut ini merupakan sejumlah bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu meringankan nyeri pada pergelangan tangan dan jari-jari tangan akibat CTS.

  • Pengobatan Herbal CTS dengan Jahe.

Manfaat dan khasiat Jahe mungkin tidak perlu dipertanyakan lagi. Jahe juga direkomendasikan untuk membantu mengatasi rasa nyeri pergelangan tangan yang nyeri akibat radang sendi. Kandungan alami Jahe memiliki efek positif untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi. Jahe juga memiliki kandungan antioksidan serta bersifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi rasa sakit, peradangan serta pembengkakan. Anda bisa minum 2 sampai 3 cangkir teh Jahe yang dicampur dengan madu setiap hari.

  • Garam Epsom.

Garam Epsom merupakan jenis garam yang mampu menjadi obat penghilang rasa sakit pada pergelangan tangan. Garam Epsom akan membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi, serta efek dari peradangan. Manfaatkan Garam Epsom dengan mencampurkannya pada air hangat untuk mandi, atau rendam pergelangan tangan kedalam larutan garam Epsom. Lakukan sebanyajk 2 sampai 3 kali dalam seminggu. (Pengobatan Herbal CTS).

  • Kayu manis.

Kayu manis sangat populer untuk membantu mengatasi Osteoarthritis. Hal ini dikarenakan kayu manis memiliki sifat alami sebagai anti-infalmasi dan antioksidan di dalamnya dapat membantu mengatasi nyeri sendi juga pembengkakan. Manfaatkan 1 sendok teh bubuk Kayu manis serta 1 sendok makan madu yang dicampur kedalam masih kosong.

  • Pengobatan Herbal CTS dengan Kunyit.

Kunyit memiliki kandungan Kurkumin di dalamnya yang merupakan salah satu komponen anti-inflamasi serta antioksidan yang mampu mengatasi nyeri pada pergelangan tangan. Gunakan 1 sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas usus atau air panas, kemudian tambahkan madu untuk menambah rasa. Minum dua kali sehari.

  • Cuka Apel sebagai alternatif Pengobatan Herbal CTS.

Cuka apel dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengatasi nyeri sendi di pergelangan tangan akibat osteoartritis. Sifat anti-inflamasi serta kandungan alkali di dalamnya bermanfaat mengendalikan dan mengurangi rasa sakit, kaku pada sendi. Gunakan 1 sendok teh cuka sari apel yang dicampur dengan madu, lalu tambahkan segelas air hangat. Minumlah dua kali sehari sebelum makan.

Itu dia informasi mengenai CTS / Carpal Tunnel Syndrome serta rekomendasi pengobatannya melalui bahan-bahan alami. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa bagikan/share kembali melalui sosial media dibawah ini ya! Salam 🙂

Tags: