Pengobatan Herbal Demam Pada Anak

Pengobatan herbal demam pada anak secara tradisional,- Selain kompres dengan air hangat, pertolongan pertama demam pada anak dengan pengobatan herbal demam pada anak secara tradisional bisa anda andalkan untuk mengatasi demam pada anak. Namun, kebanyakan orangtua memberikan obat penurun demam yang berbahan dasar kimia sebagai pertolongan pertama ketika buah hatinya demam. Padahal obat tradisional dari tanaman obat ini bisa dimanfaatkan ketika anak sedang demam.

Pengobatan herbal demam pada anak secara tradisional

Pengobatan Herbal Demam Pada Anak Secara Tradisional

  • Pengobatan herbal demam pada anak secara tradisional dengan bawang merah

Bawang merah biasanya dijadikan sebagai bumbu dapur, namun manfaat dari bawang merah tidak hanya sebagai bumbu dapur saja. Tapi bisa juga dijadikan sebagai obat tradisional salah satunya obat tradisional demam pada anak.

Caranya: cuci terlebih dahulu beberapa siung bawang merah, parut sampai halus dan tambahkan minyak kelapa secukupnya, aduk hingga tercampur dan balurkan ramuan tersebut pada tubuh anak anda yang sedang demam.

  • Pengobatan herbal demam pada anak secara tradisional dengan temulawak

Temulawak tidak hanya dijadikan sebagai obat tradisional untuk meningkatkan nafsu makan anak saja, tapi bisa juga dijadikan sebagai obat tradisional untuk menurunkan demam anak yang berusia 2 tahun keatas.

Caranya: sediakan 1 ruas temulawak, cuci bersih terlebih dahulu, parut sampai halus dan campurkan parutan temulawak tersebut dengan 1 gelas air putih. Peras dan ambil airnya. Lalu tambahkan sesendok makan madu dan aduklah sampai merata. Dan minumkan ramuan tersebut pada anak anda yang sedang mengalami demam.

  • Pengobatan herbal demam pada anak secara tradisional dengan kunyit

Sama seperti bawang merah, kunyit juga tidak hanya dijadikan sebagai bumbu dapur saja tapi bisa juga dimanfaatkan sebagai obat demam tradisional untuk anak dari mulai usia 3 tahun.

Caranya: Sediakan 1 butir telur ayam kampung, kapur sirih, dan kunyit. Parut kunyit, peras dan ambil airnya. Campurkan air kunyit dengan 1 butir telur dan juga kapur sirih secukupnya. Aduk sampai merata. Kemudian minumkan ramuan tersebut pada anak anda yang sedang mengalami demam.

  • Pengobatan herbal demam pada anak secara tradisional dengan jeruk nipis

Selain bawang merah, bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional adalah jeruk nipis. Sediakan 1/2 buah jeruk nipis, belah menjadi 2 bagian dan peras. Lalu saring dan ambil airnya. Campurkan air perasan jeruk nipis tersebut dengan setengah gelas air panas, tambahkan juga 1 butir ayam kampung dan 1 sendok makan madu. Aduk semua bahan sampai merata. Minumkan ramuan tersebut pada anak dari mulai usia 1 tahun dan seterusnya. Aturan minumnya yaitu 1/4 gelas saja.

  • Pengobatan herbal demam pada anak secara tradisional dengan sambiloto

Tanaman alami yang bisa dijadikan obat demam alami untuk anak yaitu sambiloto. Caranya sangat mudah yaitu siapkan terlebih dahulu bahannya daun sambiloto yang sudah kering sebanyak 10 gram, kunyit yang kering sebanyak 25 gram. Rebus keduanya dengan 200 cc air sampai mendidih sampai airnya tersisa setengahnya sekitar 100 cc. Saring dan ambil airnya. Tambahkan madu ke dalam air rebusan tersebut dan aduk sampai merata. Bagi ramuan tersebut menjadi 3 bagian dan minumkan pada anak anda yang sedang demam 3 kali sehari.

  • Pengobatan herbal demam pada anak secara tradisional dengan lempuyang emprit

Selain sambiloto, tanaman alami selanjutnya yang bisa dijadikan obat demam anak alami yaitu lempuyang emprit. Sediakan 10 gram umbi lempuyang emprit, cuci bersih dan parut. Saring dan ambil sarinya. Kemudian campurkan dengan air panas setengah gelas. Peras dan ambil airnya. Lalu tambahkan madu 2 sendok makan, aduk sampai merata dan minumkan ramuan tersebut pada anak anda yang sedang mengalami demam.

Pengobatan herbal demam pada anak secara tradisional dengan pegagan

Anak anda sedang mengalami demam? atasi dengan dengan cara tradisional yaitu dengan memanfaatkan tanaman alami pegagan. Rebus 1 genggam pegagan dengan 2 gelas air sampai airnya mendidih dan tersisa setengahnya. Saring dan ambil airnya. Satu gelas air rebusan tersebut dibagi menjadi 3 dan minumkan ramuan tersebut pada anak yang sedang mengalami demam.

Mengenal Demam Pada Anak

pengobatan herbal demam pada anak

Demam bukanlah sebuah penyakit, tapi suatu gejala. Anak dikatakan demam jika suhu tubuhnya 37,5 derajat celcius atau lebih. Demam pada anak dibagi menjadi 3 jenis yaitu demam karena infeksi, demam noninfeksi dan demam fisiologis. Demam karena infeksi disebabkan oleh infeksi virus, sedangkan demam noninfeksi misalnya adanya penyakit kanker, tumor dan penyakit autoimun. Dan demam fisiologis yaitu disebabkan karena kekurangan cairan, suhu udara terlalu panas dan lain-lain.

Penyebab Demam Pada Anak

Penyebab demam yang paling sering adalah infeksi virus. Penyebab lainnya demam pada anak diantaranya efek samping imunisasi, virus roseola, diare, infeksi ginjal, disentri, tifus, tinsilitis, infeksii telinga, sinusitis, demam berdarah, malaria, infeksi saluran kemih, pneumonia, meningitis, infeksi darah dan lingkungan yang panas.

Gejala yang menyertai demam

Tidak hanya demam saja, terkadang ada gejala lainnya yang menyertai demam diantaranya:

  • Berkeringat
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Menurunnya nafsu makan
  • Dehidrasi
  • Tubuh terasa lemas

Bila demam disertai dengan gejala kesadaran anak berkurang, tubuh anak jadi lebih lemas, lebih sering tidur, bahkan sulit dibangunkan, mengalami masalah atau gangguan dalam bernapas, muntah-muntah, bibir dan dan kulit tampak pucat, sakit perut, kejang-kejang, muntah dan diare, maka sebaiknya periksakan anak anda pada pihak medis.

Demikian informasi tentang pengobatan herbal demam pada anak dengan cara tradisional. Setelah mengetahui tanaman alami apa saja yang bisa dijadikan obat demam alami untuk anak. Maka bagi anda yang memiliki anak sedang mengalami demam, obat tradisional dari tanaman obat bisa anda andalkan untuk mengatasi demam secara alami.

Tags: