Pengobatan Herbal Disentri Dari Tanaman Tradisional

Pengobatan herbal disentri dari tanaman tradisional,- Anda atau salah satu keluarga anda sedang mengidap penyakit disentri dan pengobatan dengan tanaman tradisional. Pengobatan herbal disentri dari tanaman tradisional bisa menjadi pilihan pengobatan untuk penderita disentri. Selain mengetahui bagaimana cara pengobatan disentri dengan tanaman tradisional, sebaiknya ketahui juga apa itu disentri serta penyebab dan gejalanya.

Pengobatan Herbal Disentri Dari Tanaman Tradisional

Gejala Penyebab Dan Pengobatan Herbal Disentri

Di website jamuobatherbal.com kali ini akan membahas tentang gejala, penyebab, dan pengobatan herbal disentri. Banyak orang yang menyalah artikan disentri sebagai diare. Padahal keduanya berbeda. Hanya saja gejala dari disentri dan diare hampir sama. Oleh karena itu, informasi tentang disentri harus diketahui supaya anda tidak salah mengartikan disentri.

Disentri ialah sebuah kondisi dimana usus mengalami infeksi, kondisi ini mengakibatkan penderita diare, bahkan mual serta muntah dan kram pada perut. Penyakit disentri pada umumnya terjadi di lingkungan yang sanitasinya buruk. Penyakit ini paling banyak diderita balita dan anak-anak.

Penyebab Disentri

Penyakit disentri dibagi menjadi 2 jenis yaitu disentri bakteri dan disentri amoeba. Disentri bakteri adalah disentri yang disebabkan oleh bakteri shigella. Dan penyakit disentri bakteri ini merupakan jenis disentri yang paling umum terjadi. Sedangkan disentri amoeba adalah disentri yang disebabkan oleh infeksi amoeba.

Gejala Disentri

Walaupun penyakit disentri ada 2 jenis, tapi gejalanya tidak jauh berbeda. Gejala disentri bakteri adalah kram perut bahkan demam. Sedangkan gejala disentri yang disebabkan oleh infeksi amoeba diantaranya menggigil, demam, menurunnya nafsu makan, terasa nyeri ketika BAB.

Tips Bagi Penderita Disentri

  • Bila anda atau anak anda menjalani perawatan di rumah, maka sebaiknya istirahat yang cukup.
  • Minum banyak cairan seperti air putih, jus dan kaldu.
  • Makan makanan yang rendah serat
  • Makan makanan setengah padat
  • Hindari makanan berlemak, serat tinggi, bersantan, asam dan produk susu.
  • Bila disentri diderita bayi, maka selalu berikan ASI pada bayi.

Pengobatan Herbal Disentri Dari Tanaman Tradisional

Untuk mengobati disentri bisa dengan tanaman tradisional, berikut adalah pengobatan herbal disentri dari tanaman tradisional diantaranya:

  • Daun tanaman alpukat

Salah satu tanaman tradisional yang bisa dijadikan obat disentri tradisional yaitu daun tanaman alpukat. Sediakan bahan-bahannya 5 gram daun tanaman alpukat segar, 5 gram rimpang kunyit, 5 gram rimpang temu kunci, 1/2 gram rasuk angin dan 6 gram daun pegagan. Cuci semua bahan tersebut, kemudian potong-potong semua bahan dan seduh dengan air yang mendidih. Minum ramuan tersebut sehari sekali.

  • Daun delima putih

Pengobatan herbal disentri pada anak dan dewasa dari tanaman tradisional daun delima putih bisa menjadi pilihan pengobatan untuk anda atau anak anda yang mengidap disentri.

Cara mengolahnya sangat mudah, cuci terlebih dahulu bahan-bahannya yaitu 5 gram daun delima putih, 2 gram rimpang temu giring, dan 6 gram daun jambu biji. Rebus semua bahan dengan air selama 15 menit. Saring dan minum airnya bila sudah dingin.

  • Tanaman anting-anting

Anda sedang menderita disentri dan mencari pengobatan yang aman? pengobatan herbal disentri dari tanaman anting-anting bisa menjadi pilihan pengobatan untuk anda yang mengidap disentri.

Sediakan tanaman anting-anting yang telah dikeringkan, 30 gram portulaka dan 30 gram gula. Rebus semua bahan hingga mendidih hingga airnya tersisa setengah. Minum ramuan tersebut selagi hangat dan aturan minumnya yaitu 2 kali sehari.

  • Akar teratai

Solusi alternatif untuk mengobati disentri secara alami yaitu dengan pengobatan herbal disentri dari tanaman akar teratai. Sediakan 50 gram akar terati dan 10 gram jahe. Haluskan kedua bahan dengan cara dijus atau ditumbuk, peras airnya, dan ambil sarinya. Tambahkan sarinya dengan 100 cc air dan rebus hingga mendidih. Angkat dan biarkan sampai dingin, kemudian tambahkan 1 sendok makan madu bila air rebusannya telah dingin. Aduk dan minumlah ramuan tersebut.

  • Daun mimba

Daun mimba adalah salah satu tanaman yang memiliki manfaat baik untuk pengobatan dan salah satunya adalah untuk pengobatan disentri. Sehingga bagi anda yang sedang menderita disentri, manfaatkan daun mimba sebagai pengobatan herbal disentri.

Sediakan 7 lembar daun mimba, cuci terlebih dahulu dan rebus dengan 3 gelas air sampai airnya tersisa sekitar 1 gelas saja. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari di pagi dan sore hari.

  • Daun patikan cina

Pengobatan herbal disentri pada anak dan dewasa tidak hanya dengan tanaman tradisional daun delima putih saja, tapi bisa juga dengan daun patikan cina. Oleh karena itu, bagi anda atau anda yang berusia 2 tahun keatas mengidap disentri, maka manfaatkanlah daun patikan cina.

Sediakan segenggam daun patikan cina yang masih segar, 2 tanaman meniran dan 7 keping rimpang temulawak. Cuci semua bahan, kemudian rebus dengan 110 ml air sampai mendidih, angkat dan biarkan hingga dingin. Minum ramuan tersebut bila sudah dingin.

  • Akar dan daun jambu biji

Tidak hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan, tapi akar dan daun jambu biji juga bisa dimanfaat sebagai pengobatan herbal disentri. Sediakan 10 lembar daun jambu biji dan juga akarnya. Kenudian cuci bersih dan potong kedua bahan tersebut. Rebus dengan air selama 20 menit dan biarkan hingga dingin. Minum ramuan tersebut.

  • Daun pegagan

Daun pegagan mungkin sudah tidak asing lagi oleh banyak orang. Namun tahukah anda apa khasiat daun pegagan untuk kesehatan dan pengobatan? Dan salah satu khasiat daun pegagan untuk pengobatan adalah bisa dijadikan pengobatan disentri.

Sediakan 5 gram daun pegagan, 5 gram daun alpukat, 5 gram temu kunci dan 5 gram kunyit dan 1/2 gram rasuk angin. Cuci semua bahan tersebut, potong-potong dan masukkan semua bahan tersebut kedalam cangkir kemudian seduh dengan air panas. Aduk sampai merata dan minum ramuan tersebut 1 hari sekali di pagi hari.

Demikian informasi tentang penyebab, gejala dan pengobatan herbal disentri dari tanaman tradisional. Setelah mengetahui tanaman apa saja yang bisa dijadikan obat disentri alami, maka bagi anda yang mengidap disentri dan ingin mengobati dengan cara alami maka anda bisa memanfaatkan tanaman tradisional diatas.

Tags: