Pengobatan Herbal Gawat Janin

Pengobatan Herbal Gawat Janin Serta Pengertian Kondisi,- Setiap ibu hamil sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatannya. Sebab, bukan tidak mungkin di setiap kehamilan akan terjadi masalah kesehatan baik pada ibu ataupun janin di dalam kandungannya.

Seperti yang satu ini, Gawat Janin. Merupakan kondisi dimana janin menjadi tidak kondusif untuk memenuhi tuntunan proses persalinan. Tentu saja kondisi ini membahayakan. Apa penyebab dari Gawat Janin dan bagaimana agar ibu hamil terhindar dari kondisi tersebut? Berikut ini penjelasan selengkapnya. (Pengobatan Herbal Gawat Janin).

Pengobatan Herbal Gawat Janin

Pengobatan Herbal Gawat Janin Serta PengertianKondisi

Mengenal apa itu Gawat Janin.

Pengobatan Herbal Gawat Janin,- Saat bidan maupun dokter melihat suatu kejanggalan dan tanda-tanda bayi tidak dalam kondisi baik-baik saja selama kehamilan, maka kondisi tersebut bisa dikatakan sebagai ‘Gawat Janin’.

Gamat Janin rupanya cukup umum dan termasuk kondisi yang mengkhawatirkan. 1 dari 4 kelahiran bisa mengalami kondisi Gamat Janin.

Penyebab Gawat Janin.

Pengobatan Herbal Gawat Janin,- Gawat Janin bisa terjadi dikarenakan terganggunya pasokan oksigen dari ibu ke janin. Gangguan aliran oksigen ke bayi dalam kandungan mengakibatka terjadinya penurunan detak jantung pada bayi. Hal tersebut pada umumnya terjadi selama proses persalinan, walau terkadang juga bisa terjadi pada trimester ketiga kehamilan. Tidak hanya itu saja, Preeklampsia saat hamil juga berdampak pada kondisi gawat janin.

Sejumlah kondisi dibawah ini juga bisa menyebabkan janin dalam kondisi mengkhawatirkan. Yaitu :

  • Ukuran bayi lebih kecil dibandingkan dengan usia kehamilan. Kondisi tersebut pada umumnya terjadi karena bayi tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup dari plasenta.
  • Usia bayi di dalam kandungan melebihi usia kehamilan normal. Artinya bayi belum kunjung lahir padahal usia kehamilan sudah lebih dari 42 minggu.
  • Bayi memiliki sensitivitas rhesus.

Komplikasi yang dialami oleh ibu hamil juga berdampak pada kondisi gawat janin, apa saja?

  • Ibu hamil mengandung bayi kembar.
  • Usia 35 tahun atau lebih saat hamil.
  • Preeklampsia; mempengaruhi fungsi dari plasenta.
  • Cairan ketuban terlalu sedikit atau terlalu banyak.
  • Saat hamil ibu menderita Diabetes gestasional atau Hipertensi.
  • Mengalami Plasenta abrupsi (salah satu kelainan plasenta).
  • Kompresi tali pusar, kondisi dimana tali pusar ibu tertekan dan menyebabkan aliran darah dari ibu ke janin terganggu

Dengan mengenali ciri atau gejala Gawat Janin berikut ini akan membuat ibu hamil lebih waspada dalam menjaga kehamilannya. Gejala dari Gamat Janin meliputi :

  • Gerakan janin yang semakin berkurang dari biasanya bahkan sata mendekati waktu melahirkan yang diakibatkan ruang gerak janin dalam rahim berkurang.
  • Detak jantung melambat (menjadi pelan). Detak jantung janin yang normal hitungannya adalah 110 – 160 per menit. Jika detak jantung tersebut kurang atau bahkan lebih dari hitungan normal tersebut, maka dianggap tidak normal. Detak jantung janin melambat sementara saat rahim berada pada awal kontraksi. Jika detak jantung terus melambat atau menurun setelah kontraksi maka sudah pasti kondisi tersebut adalah Gawat Janin.
  • Warna air ketuban menjadi cokelat atau hijau. Alaminya warna cairan air ketuban jernih dengan sedikit bercak merah muda, kuning, ataupun merah. Jika cairan tersebut berwarna seperti hijau atau cokelat, maka air ketuban tersebut telah tercampur dengan mekonium (feses dari janin). Warna mekonium hijau merupakan tanda kotoran tersebut baru keluar, sedangkan warna cokelat adalah mekonium sudah lama keluar bersama air ketuban. Perubahan warna air ketuban ini dapat menimbulkan risiko sindrom aspirasi mekonium.

Pemeriksaan Gawat Janin harus dilakukan bersama tenaga medis. Nantinya pemeriksaan yang dilanjutkan akan lebih detail guna menetapkan diagnosis dari Gawat Janin. Beberapa pemeriksaan yang dilakukan antara lain adalah USG Doppler, dan pengamatan detak jantung pada janin.

Pengobatan dan upaya para medis mengatasi Gawat Janin.

Setelah benar terjadi gawat janin, maka pengobatan segera dilakukan. Penanganan dokter dalam kondisi ini adalah melakukan resusitasi dalam rahim serta pengupayaan kelahiran.

Resusitasi dalam rahim yang dilakukan sebagai penanganan Gawat Janin, diantaranya :

  • Memastikan ibu untuk mendapatkan pasokan oksigen yang cukup dengan memakaian masker oksigen pada ibu.
  • Memastikan asupan cairan ibu memadai, dengan pemberian cairan infus.
  • Mengubah posisi ibu agar berbaring di sisi kiri dengan tujuan mengurangi tekanan rahim pada vena besar dalam tubuh guna untuk mengurangi aliran darah pada plasenta dan janin.
  • Pemberian larutan dekstrosa Hipertonik intravena.
  • Tokolisis, merupakan sebuah terapi yang dilakukan untuk menghambat persalinan dini dengan menghentikan kontraksi rahim sementara.
  • Amnioinfusion, adalah penambahan cairan pada rongga amniotik untuk membantu mengurangi tekanan pada tali pusat. (Pengobatan Herbal Gawat Janin).

Untuk Pengobatan Herbal Gawat Janin, kami tidak dapat memberikan rekomendasi yang cocok. Jadi, ada baiknya untuk melakukan penanganan melalui medis.

Semoga informasi diatas, bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa bagikan/share kembali artikel diatas tentang Gawat Janin melalui sosial media yang Anda miliki. Salam sehat 🙂

Tags: