Pengobatan Herbal Hernia Hiatus

Pengobatan Herbal Hernia Hiatus, Pengertian serta Penanganan Operasi,- Selamat datang di website jamuobatherbal.com. Anda sudah tahu apa itu penyakit Hernia Hiatus? Hernia Hiatus atau Hernia, merupakan penyakit yang ternyata cukup berbahaya jika tidak segera mendapatkan penanganan sejak awal.

Kondisi ini berdampak pada penderitanya, dan saat kondisi semakin parah solusi yang harus dilakukan tidak lain adalah dengan melakukan operasi. Sebelum mengetahui lebih banyak tentang cara penanganan Hernia, kami akan membahas sedikit mengenai penyakit Hernia Hiatus, lengkap dengan gejala, penyebab, dan tips alami dengan Pengobatan Herbal Hernia Hiatus. Berikut selengkapnya.

Pengobatan Herbal Hernia Hiatus

Pengobatan Herbal Hernia Hiatus

Apa itu Hernia?

Pengobatan Herbal Hernia Hiatus,- Hernia dikatakan sebagai sebuah kondisi dimana jaringan otot tubuh (terutama di area perut) melemah. Hernia menyebabkan organ dalam tubuh yang berada di sekitarnya terdorong keluar (mencuat) melalui jaringan yang melemah tersebut.

Terjadinya Hernia Hiatus diawali dengan sebagian lambung yang terdorong naik hingga ke otot penyekat rongga dada dan perut, atau disebut juga diafragma. Dalam otot tersebut, terdapat sebuah hiatus (lubang) yang memiliki fungsi sebagai penghubung antara esofagus / saluran makanan dengan lambung.

Saat kelemahan otot terjadi, kondisi ini membuat lambung mencuat hingga keluar melalui hiatus ini yang mencapai ke diafragma, bahkan bisa sampai hingga rongga dada. Dalam kasusnya, hiatus (lubang) yang kecil tidak terlalu menimbulkan masalah kesehatan dan gejala apapun. Akan tetapi, jika hiatus ini mulai membesar maka Hernia akan menyebabkan makanan yang sudah masuk naik kembali bersamaan dengan asam lambung yang naik hingga ke esofagus. Kondisi ini pada umumnya lebih banyak terjadi pada orang-orang lansia, atau kira-kira berusia diatas 50 tahun dimana dalam usia tersebut otot-otot tubuh memang mulai bermasalah, seperti otot yang mulai mengendur dan melemah.

Gejala Hernia Hiatus.

Tanda-tanda yang muncul atau gejala saat seseorang bisa dipastikan menderita Hernia Hiatus, diantaranya :

  • Sulit menelan.
  • Sulit bernapas.
  • Bersendawa.
  • Muncul sensasi terbakar di dada akibat asam lambung meningkat.
  • Sakit dibagian perut dan sekitar dada.
  • Mengalami mual hingga muntah.
  • Muntah darah.
  • Mudah merasa kenyang.
  • Mengalami Palpitasi.
  • Mudah merasa kenyang setelah makan.
  • Warna kotoran menjadi lebih gelap yang menjadi pertanda jika terjadi pendarahan di saluran pencernaan.

Jika Anda mendapati gejala tersebut terjadi, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter guna mendapatkan diagnosis yang tepat dan penanganan yang lebih dini.

Dan berikut ini adalah sedikit tips untuk mengurangi gejala Hernia Hiatus.

  • Tidak mengkonsumsi makanan yang memicu terjadinya Heartburn seperti buah-buahan yang mengandung sitrus/asam, bawang-bawangan, coklat, makanan pedas.
  • Membiasakan makan dengan porsi kecil sepanjang hari, lalu makan malam setidaknya 2 sampai 3 jam sebelum waktu tidur.
  • Tidak minum-minuman beralkohol.
  • Berhenti dari kebiasaan merokok.
  • Menurunkan berat badan jika obesitas.
  • Saat beristirahat / berbaring, pastikan posisi kepala menjadi lebih tinggi kurang lebih 15 cm.

Penyebab Hernia Hiatus.

Pengobatan Herbal Hernia Hiatus,- Mengenai penyebab dari melemahnya otot sendiri tidak diketahui secara pasti. Namun, sejauh ini para pakar kesehatan berpendapat jika faktor usia-lah yang mempengaruhinya. Dengan kata lain, bisa disebut jika seiring bertambahnya usia, maka semakin melemah pula otot-otot diafragma, dan risiko terjadinya Hernia Hiatus semakin tinggi.

Cara mengobati Hernia Hiatus.

Dalam penanganan dan mengatasi Hernia Hiatus, beberapa cara dapat dilakukan. Salah satu yang direkomendasikan dokter adalah pemberian obat-obatan. Jenis obat yang diberikan pada penderita Hernia Hiatus yang masih dalam tahap-tahap awal biasanya obat untuk meredakan produksi asam, penghambat produksi asam serta antasida.

Penanganan operasi dilakukan jika kemungkinan Hernia Hiatus tidak kunjung membaik setelah dilakukan pengobatan. Operasi juga dipilih sebagai salah satu tindakan untuk membuat lambung kembali ke posisi semula dan membuat Hiatus atau lubang menjadi lebih kecil.

Adakah tips pengobatan Hernia Hiatus secara alami? Jawabannya, ada! Berikut ini adalah tips pengobatan Herbal Hernia Hiatus dengan menggunakan bahan-bahan alami, diantaranya :

  • Pengobatan Herbal Hernia Hiatus dari Daun Cipluk dan cara membuatnya :

Siapkan segenggam daun Cipluk.
Cuci bersih bahan-bahannya.
Giling sampai halus dan menjadi pasta.
Tempelkan hasil gilingan tadi di bagian tubuh yang sakit (perut), lalu balut dengan kain.
Lakukan cara ini 2 kali sehari.

  • Pengobatan Herbal Hernia Hiatus dari telur dan madu, cara membuatnya :

Siapkan 1 butir telur ayam kambung yang akan digunakan adalah kuningnya saja.
Siapkan 1 sendok makan madu.
1 Sendok makan minyak samin.
Campurkan seluruh bahan kedalam wadah / gelas.
Minum saat pagi hari.

  • Pengobatan Herbal Hernia Hiatus dari daun Bakung.

Siapkan daun Bakung yang cukup banyak dan cuci sampai bersih.
Lalu beri tambahan sedikit minyak kelapa dan panaskan diatas api kecil hingga layu.
Balutkan daun Bakung pada bagian tubuh yang sakit.

Cara tersebut dapat membantu mengatasi rasa nyeri atau sakit akibat Hernia Hiatus. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa bagikan/share ulang artikel nya melalui sosial media dibawah ini ya! Salam sehat.