Pengobatan Herbal Hidrokel

Pengobatan herbal hidrokel serta penyebab dan gejalanya,- Pernah mendengar informasi tentang hidrokel? Bila belum pernah, sebaiknya ketahui informasi kesehatan ini. Terlebih laki-laki, karena hidrokel adalah salah satu gangguan kesehatan yang bisa dialami laki-laki. Dan pada kesempatan kali ini di website jamu obat herbal akan memberikan informasi tentang hidrokel.

Pengobatan Herbal Hidrokel

Pengobatan Herbal Hidrokel Serta Penyebab Dan Gejalanya

Pengobatan herbal hidrokel,- Hidrokel ialah penumpukan cairan yang berlebihan di sekeliling testis (buah zakar). Walaupun tidak berbahaya dan tidak menyebabkan rasa sakit, tapi penumpukan cairan ini dapat membuat skrotum (kantung buah zakar) menjadi bengkak bahkan membuat penderita menjadi tidak nyaman.

Hidrokel bisa dialami oleh laki-laki dalam segala usia, mulai dari bayi, anak-anak, remaja dan orang dewasa. Pada bayi laki-laki, hidrokel akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 1 tahun sesudah lahir. Dan bayi laki-laki yang lahir prematur berisiko lebih besar mengalami hidrokel. Sedangkan hidrokel yang dialami oleh orang dewasa akan hilang secara bertahap dalam waktu 6 bulan.

Penyebab Hidrokel Pada Bayi Dan Dewasa

Pengobatan herbal hidrokel serta penyebab dan gejalanya,- Sebagian besar kasus hidrokel penyebabnya belum diketahui pasti. Pada bayi laki-laki, kondisi ini dapat terbentuk sebelum lahir. Dalam kandungan, testis bayi yang berada di bagian perut akan turun ke dalam skrotum lewat celah antara rongga perut dengan skrotum. Kedua testis tersebut terbungkus dalam kantung yang berisi cairan. Sedangkan hidrokel pada orang dewasa bisa muncul akibat infeksi pada skrotum. Penyebab hidrokel pada orang dewasa juga adalah filariasis atau kaki gajah. Pada umumnya hidrokel berbentuk bulat, bertabatas tegas, kenyal dan isinya cairan bening.

Gejala Hidrokel Yang Harus Diketahui

Pengobatan herbal hidrokel serta penyebab dan gejalanya,- Kebanyakan kasus penderita hidrokel tidak menimbulkan gejala. Akan tetapi, ada juga penderita hidrokel yang menimbulkan gejala. Berikut adalah gejalanya:

  • Kulit skrotum jadi merah
  • Terasa nyeri oada skrotum
  • Rasa tertekan pada bagian pangkal penis

Jika mengalami pembengkakan pada skrotum atau testis, namun tidak menimbulkan rasa sakit. Maka cobalah mandi dengan air hangat yang sudah dicampur dengan beberapa cangkir garam epsom. Dan berendam dalam bak mandi selama 15 sampai 20 menit dengan kaki sedikit dibuka, supaya skrotum terendam di dalam air.

Bila hidrokel pada orang dewasa tidak hilang selama lebih dari 6 bulan, bahkan sudah mengganggu aktivitas berjalan, lari dan duduk maka periksakan pada dokter. Dan periksakan juga bayi laki-laki anda bila hidrokel yang dideritanya tidak hilang sesudah 1 tahun. Selain itu, segera periksakan anda atau anak anda yang laki-laki bila merasakan nyeri secara tiba-tiba pada skrotum dan bengkak pada skrotum.

Diagnosis

Pengobatan herbal hidrokel serta penyebab dan gejalanya,- Dalam mendiagnosis hidrokel, maka dokter akan menanyakan keluhan pada pasien, lalu memeriksa kondisi fisik skrotum. Bila terjadinya pembengkakan pada skrotum akibat infeksi, maka pasien disarankan untuk tes urin atau tes darah. Sedangkan bila dokter mencurigai adanya tumor testis atau hernis sebagai penyebab pembengkakan pada skrotum, maka pasien harus melakukan USG.

Pengobatan Hidrokel

Hidrokel pada bayi akan hilang dengan sendirinya hingga dia berusia 2 tahun. Namun bila hidrokel masih ada sesudah usia 2 tahun dan menimbulkan rasa nyeri, maka penanganannya adalah dengan operasi. Begitu pula pada orang dewasa, hidrokel pada orang dewasa akan hilang dengan sendirinya. Namun, bila hidrokel pada orang dewasa menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu aktivitas penderita, maka diperlukan tindakan operasi. Selain itu, pengobatan pun bisa dilakukan dengan metode aspirasi-skleroterapi (menyedot cairan).

Karena hidrokel merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyerang laki-laki, maka informasi ini sangat penting diketahui terutama untuk laki-laki. Dan itulah sedikit informasi tentang hidrokel serta penyebab, gejala dan pengobatannya. Semoga bermanfaat.

Tags: