Pengobatan Herbal Insomnia

Pengobatan Herbal Insomnia, Dan Tips Mencegahnya,- Jika Anda sering mengalami Insomnia atau sulit untuk tidur di malam hari, ada baiknya segera melakukan pengobatan. Sebab, Insomnia bukan hal yang bisa dianggap sepele karena memiliki berbagai dampak atau efek pada kondisi kesehatan tubuh.

Nah, kali ini Jamu Obat Herbal akan membahas mengenai apa itu Insomnia, bagaimana Insomnia terjadi serta rekomendasi Pengobatan Herbal Insomnia melalui tips-tips alami atau bahan-bahan alami yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya dapat membantu mengatasi Insomnia yang Anda alami. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

Pengobatan Herbal Insomnia

Pengobatan Herbal Insomnia, Dan Tips Mencegahnya.

Pengobatan Herbal Insomnia,- Sebagian dari orang-orang mungkin telah menderita Insomnia sejak lama. Kondisi ini lumrah terjadi, namun bukan berarti tidak dilakukan penanganan untuk mengatasinya.

Insomnia merupakan gangguan tidur yang cukup menyebalkan dan membuat orang-orang tidak dapat tidur dengan nyenyak dan beristirahat dengan nyaman bahkan setelah seharian melakukan aktivitas berat. Insomnia menyebabkan kualitas hidup memburuk karena kurangnya beristirahat. Saat seseorang mengalami Insomnia, hal ini juga berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh secara fisik dan juga mental.

Ada setidaknya 2 tipe Insomnia, yang disebut Insomnia Primer dan Insomnia Sekunder. Pada Insomnia Primer, merupakan jenis Insomnia yang tidak berkaitan dengan masalah kesehatan lainnya. Sedangkan pada Insomnia Sekunder, adalah jenis Insomnia yang terjadi karena masalah kesehatan yang diderita diantaranya penderita asam lambung, asma, radang sendi, depresi dan Kanker. Insomnia Sekunder juga bisa terjadi karena orang-orang yang mengalami terlibat dengan penggunaan obat-obatan tertentu / konsumsi obat-obatan sembarangan, serta pecandu alkohol.

Gejala Insomnia.

Pengobatan Herbal Insomnia,- Gejala umum penderita Insomnia selain mengalami sulit tidur, yaitu sering terbangun di malam hari saat tidur yang berlangsung hingga menjelang pagi hari. Kondisi ini pada akhirnya memicu kantuk yang parah saat siang hari dan lelah, depresi, murah marah dan hilang fokus. Insomnia bisa berlangsung semalam, atau bahkan hingga berminggu-minggu dan berbulan-bulan.

Dilansir dari laman forum kesehatan dokter, langkah-langkah terapi penanganan Insomnia dilakukan dengan menerapkan CBT-I. CBT-I, adalah sebuah terapi yang disarankan untuk pasien Insomnia, yakni terapi perilaku kognitif. CBT-I ini memiliki manfaat untuk membantu pasien Insomnia mengubah cara pikiran dan perilaku negatif, yang menjadi salah satu penyebab sulit untuk tidur. Terapi ini menjadi pilihan utama pasien Insomnia yang lebih efektif ketimbang obat-obatan. Metodir CBT-I, dilakukan dengan cara menerapkan hal-hal berikut ini.

  • Membatasi waktu tidur. Penderita Insomnia akan diminta untuk tidak melakukan tidur siang, agar waktu tidur di malam hari semakin meningkat secara bertahap.
  • Relaksasi. Pasien Insomnia dapat melakukan terapi relaksasi yang tentunya diajari terlebih dahulu, seperti mengontrol napas untuk mengurangi efek kecemasan penyebab sulit tidur.
  • Terapi kontrol Stimulus. Pasien Insomnia juga akan dilatih untuk menggunakan kamar tidur hanya untuk tidur, atau berhubungan seks.
  • Pasien Insomnia diharuskan untuk meninggalkan kamar tidur dalam 20 menit, dan boleh kembali setelah merasa sudah mengantuk.
  • Terapi Paradoxical intention. Jenis terapi yang berguna untuk membantu mengurangi khawatir dan cemas penyebab sulit tidur.
  • Dan yang terakhir adalah Fisioterapi. Jenis terapi yang dilakukan untuk membantu menormalkan kembali jam tidur pasien. Dalam Fototerapi, pasien penderita Insomnia akan disinari dengan sinar UV kurang lebih selama 30 sampai 40 menit setelah bangun tidur.

Bagi penderita Insomnia yang terbiasa mengkonsumsi obat tidur untuk membantu tidur, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Sebab, dikhawatirkan obat tidur bisa memicu efek samping seperti pusing, dan meningkatkan risiko pingsan pada pasien.

Tips pencegahan Insomnia yang bisa dilakukan mulai dari sekarang, yaitu :

  • Menghindari banyak minum dan makan sebelum tidur.
  • Menghindari atau membatasi konsumsi minuman berkafein dan alkohol.
  • Menghindari kebiasaan merokok.
  • Memiliki kegiatan di siang hari agar Anda tidak tidur siang.
  • Menjaga kenyamanan kamar tidur.
  • Jika mengkonsumsi obat-obatan, periksa kandungan obat terlebih dahulu karena sejumlah obat diketahui menyebabkan efek samping sulit tidur.

Pengobatan Herbal Insomnia

Rekomendasi Pengobatan Herbal Insomnia Yang Bisa Anda Gunakan Sebagai Cara Alternatif.

  • Kamomil / Chamomile.

Anda mungkin belum mengetahuinya bahwa Chamomile atau Kamomil, merupakan bahan alami yang bersifat menenangkan dan bersifat sebagai obat tidur alami untuk melawan Insomnia. Keefektifan dari Kamomil dalam memperbaiki kualitas tidur memang belum banyak terbukti dalam penelitian. Namun, menurut salah satu penelitian yang dilakukan pada hewan, Chamomile menjadi obat tidur alami yang aman digunakan. Anda bisa memanfaatkan Chamomile dengan dibuat menjadi minuman teh. (Pengobatan Herbal Insomnia)

  • Lavender.

Selain Kamomil, Lavender yang dikenal sebagai salah satu bunga berwarna ungu cerah dan cantik ini bisa jadi salah satu obat alami Insomnia lho. Aroma khas yang dimilikinya disebut sebagai aroma terapi yang menenangkan dan menyenangkan untuk membuat tidur lebih cepat. Dari sejumlah penelitian bahkan disebut jika mencium aroma Lavender selama kurang lebih 30 menit sebelum tidur, akan membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

  • Akar Valerian.

Pengobatan Herbal Insomnia,- Valerian merupakan salah satu tanaman herbal asal Eripa yang juga terdapat di sebagian wilayah Asia. Sudah dikenal sejak lama sekai, akar Valerian digunakan sebagai pengobatan alami untuk mengatasi depresi, kecemasan, gangguan kesuburan pada wanita hingga sulit tidur atau Insomnia. Dalam penelitian para ahli dilaporkan dengan mengkonsumsi kurang lebih 300 sampai 900 mg Valerian sebelum tidur, memicu rasa kantuk lebih cepat dan meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak.

Itu dia informasi mengenai Pengobatan Herbal Insomnia, dan sedikit ulasan dari Insomnia. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda 🙂

Jangan lupa untuk membagikan ulang artikel diatas melalui sosial media dibawah ini ya! Salam sehat selalu untuk Anda bersama keluarga 🙂

Tags: