Pengobatan Herbal Kelainan Refraksi

Pengobatan herbal kelainan refraksi serta gejala dan pencegahannya,- Tidak hanya glaukoma dan katarak yang merupakan gangguan pada mata. Masih banyak lagi gangguan kesehatan lainnya pada mata salah satunya adalah kelainan refraksi. Sehingga tidak hanya informasi tentang glaukoma atau katarak saja yang harus kita ketahui, kelainan refraksi pun harus kita ketahui. Dan kali ini di website jamu obat herbal akan memberikan informasi tentang kelainan refraksi.

Pengobatan Herbal Kelainan Refraksi

Pengobatan Herbal Kelainan Refraksi Serta Gejala Dan Pencegahannya

Pengobatan herbal kelainan refraksi,- Kelainan refraksi ialah suatu kondisi ketika bayangan yang terbentuk di retina mata tidak tegam atau tajam, sehingga menyebabkan penglihatan jadi kabur. Kelainan refraksi bisa dialami oleh anak-anak dan orang dewasa. Berbagai hal yang menjadi penyebab kelainan refraksi yaitu perubahan bentuk kornea, penuaab lensa mata, panjang bola mata terlalu pendek atau terlalu panjang dan akibat gaya hidup serta kebiasaan buruk jangka panjang.

Kelainan refraksi terbagi menjadi 4 jenis yaitu diantaranya:

  • Rabun dekat. Rabun dekat atau istilah medisnya disebut dengan hipermetropia ialah suatu kondisi dimana seseorang bisa melihat objek yang jauh, tapi kesulitan melihat objek yang dekat.
  • Rabun jauh. Rabun jauh atau istilah medis disebut dengan miopi yaitu suatu kondisi dimana seseorang tidak bisa atau kesulitan melihat objek yang jauh, namun bisa melihat objek yang dekat dengan jelas.
  • Astigmatisme atau dikenal dengan nama mata silinder yaitu gangguang pada penglihatan yang diakibatkan karena cacat pada lengkungan lensa atau kornea. Gejala dari astigmatisme adalah panjangan kabur baik jangkauan jarak jauh maupun dekat.
  • Mata tua atau istilah medis disebut dengan presbiopi adalah suatu kondisi dimana mata mengalami kemundursan untuk bisa melihat tulisan atau huruf dari jarak dekat. Gangguan mata ini dialami oleh orang yang berusia diatas 40 tahun.

Penyebab Kelainan Refraksi

Pengobatan herbal kelainan refraksi serta gejala dan pencegahannya,- Kelainan refraksi bisa diakibatkan karena gangguan atau cacat pada kelengkungan organ mata yaitu lensa dan kornea. Dan faktor yang bisa meningkatkan risiko kelainan refraksi adalah faktor genetik.

Gejala-gejala Kelainan Refraksi

Pengobatan herbal kelainan refraksi serta gejala dan pencegahannya,- Sama seperti gangguan lainnya pada mata, kelainan refraksi pun menimbulkan gejala. Dan berikut adalah gejala-gejalanya:

  • Penglihatan ganda sehingga membuat penderita kehilangan konsentrasi.
  • Objek benda yang dilihat tampak silau
  • Mata menajdi sensitif terhadap cahaya
  • Sering memicingkan mata dalam jangka panjang
  • Sakit kepala ringan sampai berat
  • Kelelahan pada mata
  • Mata berair dan kehilangan fokus
  • Penglihatan kabur

Penanganan Kelainan Refraksi Secara Medis

Penanganan kelainan refraksi tergantung dari gejalanya. Bila kelainan refraksi tergolong ringan maka tidak memerlukan koreksi. Akan tetapi ada juga pasien kelainan refraksi yang memerlukan kacamata ataupun lensa kontak. Penanganan lainnya yaitu dengan operasi lasih dan terapi bedah lain seperti pengangkatn lensa, radikal keratotomi, automated lamelar keratoplasty dan penanaman lensa buatan di depan lensa mata.

Pengobatan Kelainan Refraksi Secara Tradisional

Pengobatan herbal kelainan refraksi serta gejala dan pencegahannya,- Ada beberapa bahan alami atau tanaman obat yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan kelainan refraksi diantaranya:

  • Daun sirih

Pengobatan herbal kelainaan refraksi dari daun sirih bisa menjadi pilihan pengobatan alternatif bagi anda yang mengidap kelainan refraksi. Karena daun sirih mengandung antibakteri dan dapat memperbaiki jaringan retina supaya penglihatan tajam kembali.

Cara mengolahnya yaitu sediakan 2 lembar daun sirih, remas berulangkali hingga airnya warna kehijauan, kemudian seduh dengan air hangat yang matang. Dan saring, lalu gunakan air daun sirih ini unduk merendam mata atau merambang mata yang terbuka.

  • Daun ginkgo biloba

Selain daun sirih, tanaman obat lainnya yang bisa digunakan adalah daun ginkgo biloba. Cara mengolahnya yaitu rebus daun gingko biloba sampai mendidih, lalu saring airnya dan tambahkan dengan sari buah bluberry. Aduk keduanya sampai tercampur dan minum ramuan ini 2 kali sehari.

  • Mentimun

Mata lelah dan penglihatan kabur adalah gejala dari kelainan refraksi. Cara mengatsi gejala mata lelah dan penglihatan kabur adalah dengan memanfaatkan mentimun. Caranya parut mentimun, kemudian jadikan sebagai masker mata. Atau iris tipis mentimun, kemudian tempelkan pada mata terpejam.

  • Jus brokoli, bayam dan wortel

Ketiga sayuran ini mempunyai kandungan vitamin A dan lutein yang berperan dalam menjaha kesehatan dan jaringan mata yang lelah. Sediakan ketiga sayuran, lalu blender semuanya dan tambahkan madu murni secukupnya. Minumlah 2 kali sehari.

Tips Pencegahan Kelainan Refraksi

Pengobatan herbal kelainan refraksi serta gejala dan pencegahannya,-  Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kelainan refraksi diantaranya:

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kelainan refraksi diantaranya:

  • Hindari menonton tlevisi dengan jarak yang dekat dan hindari juga nonton televisi ketika tiduran.
  • Hindari kebiasaan membaca sambil tiduran
  • Hindari terlalu dekat dengan objek yang sedang dibaca.
  • Menggunakan perlindungan mata dengan menggunakan kaca mata anti radiasi supaya mata terlindungi dari radiasi sinar ultraviolet
  • Jangan terlalu lama berinteraksi di depan komputer. Namun bila memang anda bekerja harus didepan komputer, maka istirahatkan mata setiap 30 menit sesudah berinteraksi dengan layar komputer.

Demikian informasi tentang pengobatan herbal kelainan refraksi dari tanaman tradisional atau bahan alami. Selain itu juga lengkap dengan informasi kelainan refraksi mulai dari defininsi, penyebab, gejala, dan tips pencegahannya.

Tags: