Pengobatan Herbal Oligomenorea

Pengobatan herbal oligomenorea serta penyebab dan gejalanya,- Ladies tahukah anda apa itu oligomenorea? Bagaimana gejalanya dan apa penyebabnya? Berikut adalah informasi tentang oligomenorea yang akan kami bahas di website jamu obat herbal. Oleh karena itu, bagi anda yang merasa asing ketika mendengar nama oligomenorea. Maka anda bisa mengunjungi website ini. Karena oligomenorea dialami oleh wanita, maka ladies harus mengetahui informasi tentang oligomenorea.

Pengobatan Herbal Oligomenorea

Pengobatan Herbal Oligomenorea Serta Penyebab Dan Gejalanya

Pengobatan herbal oligomenorea,- Sebelum masuk ke pembahasan gejala dan penyebabnya. Maka alangkah baiknya ketahui dahulu apa itu oligemenorea. Oligomenorea ialah kelainan pada siklus menstruasi. Siklus menstruasi pada setiap wanita berbeda-beda. Siklus menstruasi yang dialami penderita oligomenorea adalah berlangsung selama lebih dari 35 hari, namun jumlah perdarahan tetap sama. Sedangkan siklus menstruasi normal adalah berlangsung selama 21-35 hari.

Oligomenorea umumnya dialami oleh remaja dan wanita yang memasuki masa menopause. Bahkan bisa juga dialami olah wanita pada usia subur. Wanita yang mengalami oligomenorea akan mengalami menstruasi yang lebih jarang dari biasanya yaitu hanya sekitar 6-8 kali dalam setahun.

Penyebab Oligomenorea

Pengobatan herbal oligomenorea serta penyebab dan gejalanya,- Oligomenorea terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal pada aksis hipotalamus-hifosis-ovarium, dan akibat efek samping penggunaan kontrasepsi hormonal. Selain itu, oligomenorea bisa terjadi pada wanita yang mengidap penyakit tiroid, diabetes, bulimia dan anoreksia nervosa. Bahkan bisa juga terjadi pada wanita yang melakukan olahraga berat.

Gejala Oligomenorea

Pengobatan herbal oligomenorea serta penyebab dan gejalanya,- Karena oligomenorea dialami oleh wanita, maka para wanita harus mengetahui gejala oligomenorea. Dan gejalanya adalah periode siklus menstruasi lebih dari 35 hari sekali serta menstruasi tidak teratur dengan jumlah yang tidak tentu.

Diagnosis Oligomenorea

Pengobatan herbal oligomenorea serta penyebab dan gejalanya,- Untuk mendiagnosis oligomenorea dokter juga akan menanyakan siklus menstruasi secara detail, bahkan dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik. Selain pemeriksaakn fisik, pemeriksaan lainnya pada pasien adalah pemeriksaan panggul, pap tes serta pemeriksaan lanjutan seperti USG, sinar X juga MRI.

Pengobatan Oligomenorea

Pengobatan pada penderita oligomenorea tergantung penyebabnya. Oligomenorea yang terjadi pada tahun-tahun pertama sesudah menstruasi pertama maka tidak membutuhkan pengobatan khusus. Oligomenorea yang terjadi menjelang menopause juga tida membutuhkan pengobatan khusus.

Penanganan oligomenorea yang terjadi pada atlet adalah dengan mengubah pola latihan, mengubah pola makan dan perhatikan berat badan. Olahraga memang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, namun olahraga yang berlebihan dapat berdampak buruk terhadap siklus menstruasi. Sedangkan untuk mengatasi faktor yang menjadi penyebab terjadinya oligomenorea adalah dengan terapi hormon yaitu dengan mengonsumsi obat kontrasepsi.

Oleh karena itu, bagi anda yang mengalami siklus menstruasi tidak teratur, maka periksakan diri anda pada dokter kandungan. Untuk memastikan apakah anda mengalami oligomenorea atau mengalami gangguan menstruasi lainnya. Karena oligomenorea bukan satu-satunya gangguan menstruasi pada wanita.

Itulah sedikit informasi tentang oligomenorea yang bisa diberikan
mulai dari definisi, penyebab, gejala dan pengobatannya secara medis. Semoga bermanfaat. Supaya informasi tentang oligemenorea ini diketahui oleh banyak wanita, maka bagikan artikel kesehatan ini.  

Tags: