Pengobatan Herbal Paronikia (Cantengan)

Pengobatan Herbal Paronikia, – Selamat Datang kami ucapkan bagi anda yang telah berkunjung ke situs website www.jamuobatherbal.com, dimana merupakan penyedia artikel serta informasi kesehatan dari mulai penyebab, gejala dan cara pengobatannya. Baik, dikesempatan hari ini, kami akan memberikan informasi tentang Pengobatan Herbal Paronikia. Sebelum kami menjelaskan pengobatan, alangkah baiknya anda mengetahui dulu tentang paranokia.

Pengobatan Herbal Paronikia

Pengobatan Herbal Paronikia Secara Alami

Apa Itu Paronikia?

Penyakit Paronikia (Cantengan) adalah suatu infeksi kulit yang muncul di sekitar kuku tangan maupun kuku kaki yang menjadikan bengkak serta peradangan yang disebabkan bakteri serta bisa juga terjadi akibat infeksi jamur. Penyakit ini bisa berkembang perlahan-lahan (kronis) dan berlangsung dalam seminggu, atau bisa timbul secara mendadak dan berlangsung cepat (akut) hanya 1-2 hari. Bila tidak mendapatkan pengobatan dengan cepat, kondisi ini dapat mengakibatkan infeksi serius atau bahkan bisa beresiko kehilangan sebagian kuku anda.

Penyebab Penyakit Paronikia

Untuk penyakit paronikia akut biasanya diakibatkan oleh bakteri Staphylococus aureus dengan cara masuk melalui kulit kuku yang rusak, kemudia menyebabkan infeksi pada sekitar kuku. Sedangkan bagi penyakit paronikia kronis secara umum disebabkan oleh infeksi jamur Candida, bisa juga disebabkan oleh bakteri.

Gejala Penyakit Paronikia

Bagi gejala penyakit paronikia umumnya merupakan dimana kondisi disekitar kuku membengkak, kemerahan dan nyeri saat disentuh. Untuk sebagian kasus, bisa terbentuk abses (kumpulan nanah).

Pengobatan Herbal Paronikia

  • Bawang Merah
    Kandungan Quercetin pada bawang merah yang bersifat antioksidan, anti-inflamasi dan anti-jamurdipercaya mampu mengurangi serta mengobati penyakit paronikia. Adapun cara menggunakannya, cukup menggiling bawang merah dan dicampurkan minyak kelapa secukupnya. Lalu, oleskan pada bagian kuku yang terkena paronikia menggunakan kapas. Lakukan cara ini 2 hingga 3 kali selama 3 hari.
  • Daun Pacar Kuku
    Daun pacar kuku (Lawsonia inermis L) memiliki manfaat yang baik untuk penyakit Paronikia, karena kandungan anti inflamasi pada tanaman ini bermanfaat menghilangkan nyeri serta pembengkakan yang terjadi akibat penyakit paronikia. Caranya: campurkan daun pacar kuku secukupnya dengan gula merah dan 1 sendokteh perasan jeruk nipis. Lalu haluskan dan kompreskan pada bagian yang sakit.

Pencegahan Penyakit Paronikia

Cara pencegahan paronikia bisa dilakukan dengan hal dibawah ini:

  • Menggunakan sarung tangan tahan air jika pekerjaan anda bersentuhan dengan air.
  • Hilangkan kebiasaan anda yang sering menggigit kuku serta mecungkil kulit kuku.
  • Hindari memotong kuku terlalu pendek.
  • Untuk anda yang mempunyai penyakit diabetes, periksa kaki secara rutin untuk menghindari paronikia atau gangguan lainnya di kaki.

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai Pengobatan Herbal Paronikia. Semoga bisa menjadi bermanfaat bagi anda semua. Jangan lupa share informasi ini ke sosial media lainnya, seperti yang tersedia dibawah ini!!