Pengobatan Herbal Sakit Tenggorokan

Pengobatan Herbal Sakit Tenggorokan Dengan Ramuan Jamu Tradisional,- Selamat datang di website jamuobatherbal.com. Bagi Anda yang memililki keluhan terhadap sakit tenggorokan, mari simak artikel selengkapnya berikut ini.

Pengobatan Herbal Sakit Tenggorokan yang akan kami bahas adalah dengan menggunakan sejumlah bahan-bahan alami, ataupun tanaman herbal yang bisa dibuat minuman herbal / jamu tradisional dengan pembuatannya yang cukup mudah. Namun sebelum itu, mari kita simak terlebih dahulu penjelasan dari sakit tenggorokan.

Pengobatan Herbal Sakit Tenggorokan

Pengobatan Herbal Sakit Tenggorokan

Mengenal sakit tenggorokan dan apa yang menjadi penyebabnya.

Pengobatan Herbal Sakit Tenggorokan,- Sakit tenggorokan bisa terjadi pada siapa saja. Baiuk anak-anak ataupun orang dewasa. Pada umumnya, sakit tenggorokan terjadi akibat infeksi dari virus ataupun bakteri di saluran pernapasan bagian atas. Walaupun bisa terjadi pada segala usia, sakit tenggorokan lebih banyak dialami oleh anak-anak dan remaja.

Sakit tenggorokan menyebabkan penderitanya mengalami sakit saat menelan. Dan berikut ini adalah gejala lebih lengkap yang terjadi pada pendeirta sakit tenggorokan.

  • Batuk-batuk.
  • Iritasi di tenggorokan.
  • Hidung beringus.
  • Amandel membengkak karena radang.
  • Sakit dan sulit saat menelan.
  • Nyeri pada otot.
  • Sakit kepala.
  • Pembengkakan di kelenjar leher.
  • Gatal di bagian tenggorokan.

Ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai cara pengobatan sakit tenggorokan. Sebab dengan begitu dokter akan mengetahui apa penyebab dari sakit tenggorokan dan memberikan pengobatan dengan obat-obatan yang tepat.

Selain dengan obat-obatan, ada baiknya Anda juga melakukan beberapa cara atau tahapan untuk melakukan pengurangan dari gejala sakit tenggorokan. Cara untuk mengurangi gejala dari sakit tenggorokan bisa melakukan hal-hal berikut.

  • Minum cukup air putih sangat dianjurkan terutama jika Anda juga mengalami demam. Dengan minum banyak air putih akan membuat tubuh meningkatkan daya tahannya.
  • Berkumur hingga ke tenggorokan dengan obat kumur yang mengandung antiseptik povidone-iodine. Berkumurlah dua sampai lima kali dalam sehari. Larutan antiseptik yang mengandung povidone-iodine bermanfaat untuk membantu membunuh bakteri penyebab beberapa sakit pada tenggorokan.
  • Berkumur dengan larutan air garam hangat akan membantu meredakan radang di tenggorokan.
  • Tidak merokok dan sebisa mungkin menghindari lingkungan yang penuh asap.
  • Tidak mengonsumsi minuman dan makanan yang terlalu panas untuk menghindari iritasi tenggorokan.

Nah, sekarang saatnya Anda mengetahui sejumlah Pengobatan Herbal Sakit Tenggorokan Dengan Ramuan Jamu Tradisional.

  • Madu.

Khasiat dan manfaat Madu sudah tidak perlu diragukan lagi untuk pengobatan, termasuk Pengobatan Herbal Sakit Tenggorokan. Anda bisa menggunakan sebanyak 1 sendok makan madu yang dicampur dengan air hangat untuk kemudian diminum saat pagi hari. Madu dapat membantu mengatasi iritasi pada tenggorokan secara alami.

  • Tanaman Alang-alang.

Alang-alang termasuk salah satu tanaman yang dijadikan tanaman obat yang dapat membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit salah satunya adalah sakit tenggorokan. Anda bisa memanfaatkan tanaman Alang-alang dengan mudah. Caranya gunakan 1 genggam batang alang-alang yang telah dibersihkan lalu rebus dengan air sampai mendidih. Nantinya air rebusan disaring untuk kemudian diminum. Satu kali dalam sehari saja sudah cukup untuk mengatasi sakit tenggorokan.

  • Belimbing.

Jika Anda suka dengan ‘buah bintang’ yang satu ini, silahkan gunakan sebagai Pengobatan Herbal Sakit Tenggorokan dengan cara yang enak! Siapkan saja bahan-bahannya yaitu belimbing manis dan segar sebanyak 100 sampai 120 gram. Lalu olah menjadi jus hingga halus. Minum ramuan ini bisa 2 kali sehari, yaitu saat pagi dan sore.

  • Daun Ki Tolod.

Gunakan saja kruang lebih 3 lembar daun Ki Tolod dengan 2 gelas air untuk direbus. Jika sudah dingin, saring airnya dan minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

  • Tanaman Ciplukan.

Gunakan kurang lebih 10 sampai 15 gram tanaman Ciplukan dengan 4 gelas air. Rebus semuanya bahan sampai tersisa 2 gelas saja. Saat sudah agak dingin, minum satu hari 2 kali masing-masing 1 gelas.

  • Teh Jahe.

Selain memberikan rasa hangat di tenggorokan, teh jahe juga dapat membantu meredakan sakit di tenggorokan secara alami. Anda bisa membuat teh jahe dengan mudah. Caranya, geprekan satu iris jahe lalu direbus kurang lebih sekitar dua menit. Campur bersama teh dan minumlah minuman selagi hangat.

  • Makan Sup Ayam.

Radang tenggorokan membuat Anda kesulitan saat menelan dan makan karena munculnya rasa sakit. Akan tetapi, ini tidak akan terjadi jika Anda makan sup ayam dengan kuahnya hangat. Saat sakit tenggorokan hirup kuah sup hangat hingga habis. Dan ternyata hal ini dapat bermanfaat dalam membantu menyembuhkan sakit tenggorokan juga memberikan nutrisi tubuh.

Bagaimana? Tidak sulit kan mengetahui apa saja Pengobatan Herbal Sakit Tenggorokan dengan cara alami dan bahkan bisa kita buat sendiri.

Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk Anda, jangan lupa bagikan/share kembali melalui sosial media dibawah ini ya! Salam sehat.

Tags: