Pengobatan Herbal Sindrom Eisenmenger

Pengobatan Herbal Sindrom Eisenmenger, Pengertian & Penyebab,- Selamat datang di website Jamu Obat Herbal. Kali ini pembahasan yang akan diambil yaitu mengenai Sindrom Eisenmenger. Salah satu Sindrom yang menjelaskan tentang sebuah kondisi komplikasi yang cukup serius, yang menyerang pada Jantung bayi.

Kelainan Jantung pada bayi cukup banyak, dan yang paling umum biasanya adalah Jantung Bocor. Tapi, apakah Sindrom Eisenmenger ini juga masih berkaitan dengan Jantung Bocor? Mari simak penjelasannya lebih lengkap pada dalam Pengobatan Herbal Sindrom Eisenmenger, mulai dari Pengertian hingga penyebabnya berikut ini.

Pengobatan Herbal Sindrom Eisenmenger

Pengobatan Herbal Sindrom Eisenmenger, Pengertian & Penyebab.

Pengobatan Herbal Sindrom Eisenmenger,- Sudah dijelaskan sedikit di awal jika Sindrom Eisenmenger merupakan salah satu jenis komplikasi yang cukup serius atau kelainan pada Jantung bawaan dimana Jantung akan memompa darah yang kekurangan oksigen ke seluruh tubuh. Diduga satu dari 100 bayi menderita kelainan Jantung ini sejak lahir. Jika tidak segera mendapat penanganan yang serius sebelum anak menginjak usia kurang lebih 2 tahun, kelainan ini bisa menimbulkan beberapa gangguan pada sirkulasi tubuh yang kemudian disebut Sindrom Eisenmenger.

Seperti yang kita ketahui, Jantung manusia dibagi menjadi 4 sekat, dua di kiri dan dua lainnya di kanan. Jantung sebelah kiri bertugas memompa darah yang kaya dengan oksigen ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah aorta. Sementara Jantung sebelah kanan berfungsi memompa darah menuju paru-paru. Di paru-paru, darah tersebut akan diperkaya lagi oleh oksigen, yang kemudian akan dialirkan ke Jantung sebelah kiri. Saat terjadi kelainan pada fungsi Jantung, salah satu misalnya yaitu adanya lubang di antara Jantung kanan dan kiri, darah dari Jantung kiri akan ikut mengalir masuk ke Jantung kanan. Mengapa begitu? Sebab pada Jantung kiri memiliki tekanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan Jantung kanan. Pada akhirnya kondisi ini menyebabkan darah akan menumpuk di dalam paru-paru dan merusak pembuluh darah di dalamnya.

Tumpukan darah yang terjebak di paru-paru ini lama kelamaan menyebabkan peningkatan tekanan di paru. Kondisi inipun berakibat pada aliran darah akan berbalik dari Jantung kanan menuju Jantung kiri. Akibatnya tidak lain yaitu darah yang kaya oksigen akan bercampur dengan darah kotor dan kemudian dipompa ke seluruh tubuh. Yang terburuk lainnya adalah kondisi tersebut menyebabkan organ dan jaringan tidak akan mendapatkan oksigen secara cukup dan mengakibatkan suatu kondisi yang mengancam nyawa.

Penyebab Sindrom Eisenmenger.

Pengobatan Herbal Sindrom Eisenmenger,- Penyebab dari terjadinya Sindrom Eisenmenger pada bayi diketahui karena kelainan Jantung bawaan yang berupa kerusakan diantara bilik Jantung. Namun, sejumlah kondisi yang terkait dengan hal tersebut diantaranya :

  • VSD (ventricular septal defect).
  • ASD (atrial septal defect).
  • TOF (cyanotic heart disease seperti tetralogy of fallot).
  • atrioventricular canal defect.
  • PDA (patent ductus arteriosus). dan
  • Truncus arteriosus.

Gejala Sindrom Eisenmenger.

Kemungkinan mengenai gejala dari Sindrom Eisenmenger bisa terjadi saat anak belum memasuki fase pubertas atau pada saat usia dewasa muda. Gejalanya meliputi :

  • Pusing.
  • Sesak napas.
  • Pingsan.
  • Merasa lelah.
  • Batuk darah.
  • Nyeri dada.
  • Kesemutan hingga mati rasa di jari kaki dan jari tangan.
  • Detak jantung berdebar.
  • Pembengkakan pada sendi akibat asam urat.

Pengobatan dan Pencegahan Sindrom Eisenmenger.

Pengobatan Herbal Sindrom Eisenmenger,- Pengobatan Sindrom Eisenmenger dilakukan dengan memperbaiki defek Jantung. Namun di jaman sekarang ini defek sudah bisa dikenali sejak dini sehingga Sindrom Eisenmenger bisa secepatnya dicegah. Pasiemelakukan phlebotom yaitu mengeluarkan darah untuk mengurangi jumlah sel darah merah di dalam tubuhnya. Baru setelah itu penderita akan diberikan carian tambahan.

Sedangkan obat-obatan yang diberikan bertujuan membantu melemaskan serta membuka pembuluh darah. Penderita Sindrom Eisenmenger yang parah bisa jadi segera disarankan untuk melakukan transplantasi Jantung paru.

Demikian ulasan mengenai Sindrom Eisenmenger, semoga bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa bagikan/share kembali artikel diatas bermanfaat. Salam sehat untuk Anda dan keluarga 🙂

Tags: