Pengobatan Herbal Xerosis Penyebab Kulit Menjadi Kering

Pengobatan Herbal Xerosis, Gejala, Diagnosis dan Pencegahan,- Selamat datang di website kami Jamu Obat Herbal. Disini tidak bosan-bosannya kami mengingatkan dan selalu menerbitkan artikel terbaru tentang info penyakit, mulai dari pengertian/definisi, gejala, penyebab, diagnosis hingga Pengobatannya.

Untuk hari ini, kami akan mengulas seputar penyakit Xerosis. Pernah mendengar tentang nama penyakit ini sebelumnya? Jika belum mari simak ulasan kami dibawah ini, dimana isi dari artikel kami dapat dari website-website Khusus dokter dan terjamin jika artikelnya bukan hoax. Berikut kami persembahkan Pengobatan Herbal Xerosis, Gejala, Diagnosis dan Terapi.

Pengobatan Herbal Xerosis

Pengobatan Herbal Xerosis Penyebab Kulit Menjadi Kering

Xerosis mungkin merupakan istilah yang cukup asing bagi kita. Namun, Xerosis adalah nama dari kondisi medis untuk kondisi kulit kering.

Pengertian Xerosis.

Xerosis diambil dari bahasa Yunani, pada kata “Xero” inilah yang memiliki arti kering. Xerosis disebut sebagai penyakit umum yang biasa terjadi pada siapa saja, akan tetapi Xerosis memang lebih banyak menyerang masyarakat pada usia lanjut (lansia). Xerosis atau kulit kering dapat terjadi dalam waktu yang sangat singkat, namun bisa juga terjadi dalam jangka waktu yang lebih lama / menjadi kronis.

Penyebab Xerosis atau kulit kering.

Baik pria ataupun wanita, menjaga kulit agar tetap lembap adalah suatu keharusan. Jika kulit tidak dijaga kelembapannya maka seiring bertambah usia, kelembapan kulit secara alami akan berkurang akibat kelenjar minyak yang menurun. Hal ini ternyata bisa dipengaruhi oleh asupan cairan yang cenderung berkurang, pada usia lanjut. Maka dari itulah, banyak dari lansia yang mengalami kondisi kulit kering atau Xerosis.

Penyebab dari Xerosis, bisa terjadi karena faktor lingkungan, obat-obatan dan kodisi lainnya. Jenis obat-obatan yang biasanya menyebabkan efek Xerosis adlaah obat diuretik dan retinoid. Kondisi kesehatan yang mempengaruhi kondisi kulit menjadi kering biasanya adalah akibat dari ketidaksimbangan hormon tubuh yang banyak dialami oleh penderita Hipotiroidisme, Hipertiroidisme, dan Menopause. Penyebab lebih umum dari Xerosis atau kulit kering lainnya adalah sebagai berikut.

  • Terlalu sering mandi dalam 1 hari.
  • Terlalu lama terpapar cahaya matahari.
  • Sering menggosok kulit dengan kasar dan keras.
  • Dehidrasi (kekurangan air).
  • Sering mandi dengan menggunakan air panas.
  • Mengeringkan kulit terlalu keras usai mandi dengan handuk.
  • Tinggal di tempat yang dingin dengan suhu kelembapan yang rendah.
  • Menggunakan jenis sabun dengan kandungan bahan kimia berbahaya.

Gejala dari Xerosis.

Gejala dari Xerosis kondisi kulit kering yang serius, biasanya menunjukkan tanda-tanda yang sesuai dengan faktor yang menjadi latar belakangnya. Seperti kondisi tempat tinggal, kesehatan, usia dan sebagainya. Namun dalam kondisi umum, Xerosis akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Kulit menjadi kemerahan dan iritasi.
  • Kulit pucat, kusam, dan menjadi keputih-putihan.
  • Kulit terasa lebih kering, kasar, bersisik, dan gatal terutama pada bagian lengan dan kaki.
  • Kulit pecah-pecah, mengelupas, dan kadang berdarah.

Diagnosis Xerosis.

Walaupun gejala kulit kering diatas mudah untuk kita ketahui, namun diagnosis lebih jelas hanya bisa dilakukan jika kita melakukan pemeriksaan ke dokter. Saat dokter memeriksakan kondisi kulit kering kita, biasanya dilakukan beberapa pemeriksaan fisik, serta menanyakan riwayat penyakit yang kemungkinan dimiliki pasien.

Setelah itu barulah dokter akan mencari tahu mengenai Xerosis yang terjadi pada pasien, serta penanganannya yang sesuai berdasarkan penyebab ataupun riwayat penyakit yang dimiliki pasien.

Pencegahan Xerosis yang disarankan.

  • Mencukupi kebutuhan air minum setiap hari. Salah satu manfaat tubuh agar kita lebih banyak minum, adalah menjaga agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Dengan terpenuhinya kebutuhan air ini akan membantu kulit tidak mengalami kekeringan.
  • Tidak sembarangan memakai sabun. Untuk menjaga kulit tetap lembap, sebaiknya jangan menggunakan sembarang sabun terlebih dengan kandungan bahan kimia yang keras. Pilih sabun yang mengandung tambahan minyak di dalamnya.
  • Jangan mandi terlalu lama. Mandi terlalu lama justru membuat minyak alami yang menempel di permukaan kulit kita hilang. Batasi durasi mandi Anda, 5-10 menit sekali mandi sudah cukup.
  • Menggunakan pelembab untuk kulit. Pelembab boleh digunakan untuk menjaga kesehatan kulit, asal tidak memiliki kandungan alkohol.
  • Tidak menggaruk kulit secara berlebihan. Menggaruk ataupun menggosok kulit secara berlebihan malah berakibat pada kulit menjadi gatal, kasar, kemerahan, tampak kusam, mengelupas bahkan rusak.
  • Mengonsumsi makanan Omega-3. Contoh makanan yang mengandung Omega-3 adalah salmon, sarden, dan minyak safflower menghasilkan asam lemak esensial yang dapat membantu menjaga minyak alami di kulit.
  • Memasang pelembab ruangan. Ruangan dengan suhu udara panas dan kering dapat membuat kulit menjadi terasa gatal, lebih sensitif, juga mengelupas.
  • Lindungi kulit saat tempat berhawa dingin. Gunakan syal, topi dan sarung tangan untuk menutupi kulit agar tidak kering.
  • Gunakan tabir surya. Penggunaan tabir surya cukup penting saat berada di luar ruangan guna membantu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Pengobatan Herbal Xerosis atau kulit kering, bisa dilakukan sendiri di rumah. Pengobatan ini untuk menunjang pengobatan medis (jika kondisi kronis). Pengobatan Herbal Xerosis berikut ini adalah pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Apa saja?

  • Pengobatan Herbal Xerosis dengan Susu.

Pengobatan Herbal Xerosis

Susu bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk melembapkan kulit. Anda dapat menggunakan susu untuk perawatan kulit kering atau Xerosis dengan cara berikut.

Celupkan kain lap pada susu dingin dan usapkan perlahan di area kulit yang kering selama kurang lebih 5-7 menit saja. Setelah itu, bersihkan kembali kulit dengan mengusapkan kain lap lain yang telah dibasahi air hangat. Lakukan setiap hari untuk melembapkan kulit kering.

  • Pengobatan Herbal Xerosis dengan Lidah buaya.

Pengobatan Herbal Xerosis

Tidak hanya baik untuk rambut, lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk kelembapan kulit.

Potong-potong lidah buaya segar dan ambil gel nya. Oleskan pada kulit yang kering, diamkan hingga 10 sampai 15 menit. Bilas dengan air hangat, lakukan 2 kali dalam sehari.

  • Pengobatan Herbal Xerosis dengan Minyak kelapa.

Pengobatan Herbal Xerosis

Minyak kelapa juga disebut-sebut bagus untuk perawatan kulit kering. Hal ini karena kandungan asam lemak pada minyak kelapa.

Balurkan minyak kelapa hangat ke tubuh sebelum tidur. Basuhlah saat pagi hari. Dengan melakukannya rutin setiap hari dapat membuat kulit menjadi lebih lembuh dan halus.

  • Pengobatan Herbal Xerosis dengan Minyak zaitun atau olive oil.

Pengobatan Herbal Xerosis

Memiliki banyak zat antioksidan serta asam lemak yang sangat baik untuk kulit.

Untuk kulit wajah, oleskan minyak zaitun sebelum menggunakan pelembab. Untuk tubuh, bisa langsung gosokkan pada tangan dan kaki atau area kulit kering setengah jam sebelum mandi.

  • Pengobatan Herbal Xerosis dengan Alpukat.

Pengobatan Herbal Xerosis

Kandungan asam lemak, antiosidan dan vitamin yang dimiliki Alpukat cukup untuk membantu perawatan kulit kering.

Alpukat bisa dihaluskan dengan sangat lembut, lalu oleskan pada bagian kulit yang dirasa kering. Diamkan 10 sampai 15 menit. Bilas dengan air biasa, lakukan 1 kali dalam sehari.

Semoga artikel diatas bermanfaat untuk Anda. jangan lupa bagikan artikelnya melalui sosial media dibawah ini.

Tags: