Pengobatan Penyakit Chancroid

Pengobatan Penyakit Chancroid, –¬†Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung ke situs kami www.jamuobatherbal.com, yang selalu mana setia memberikan berbagai informasi tips dan kesehatan terkini. Kali ini kami akan memberikan informasi tentang Pengobatan Penyakit Chancroid. Sebelum menjelaskan tentang pengobatan, alangkah baiknya anda mengetahui dulu tentang pengertian, penyebab dan gejalanya chancroid dibawah ini.

Pengobatan Penyakit Chancroid

Pengobatan Penyakit Chancroid

Penyakit Chancroid (ukus molea) merupakan dimana adanya luka terbuka di alat genital (kelamin) dan sekitarnya yang disebabkan oleh infeksi bakteri Haemophilus ducrey (H. ducreyi). Selain itu penyakit chancroid bisa dialami oleh pria maupun wanita, bakteri penyakit ini bisa menyebar melalui seks bebas. Selain melalui seks bebas, chancroid bisa menular lewat kontak fisik yang terluka dari seseorang yang terinfeksi penyakit ini.

Penyebab Penyakit Chancroid

Adapun penyebab utama penyakit chancroid ini diakibatkan oleh bakteri yang berbentuk batang (basil), H. ducreyi, yang akan memicunya infeksi. Bakteri H. ducreyi akan masuk kedalam kulit, sehingga akan mengakibatkan terjadinya peradangan serta akan menghasilkan racun yang akan membuat regenerasi sel berhenti yang mengakibatkan matinya sel dan (nekrosis) jaringan tubuh. Selain itu, bakteri H. ducreyi ini menular karena aktivitas seksual yang bebas serta beresiko. Sekitar 1-2 minggu yang dibutuhkan bakteri dari terpapar hingga memicu gejala.

Gejala Penyakit Chancroid

Penyakit Chancroid secara umumnya akan menimbulkan gejala awal seperti adanya beberapa benjolan pada area genital yang berwarna merah, yang akan muncul setelah 3-7 hari terinfeksi. Bagi pria gejala akan terlihat disekitar kulup dan bagian penis berupa benjolan kecil berwarna merah. Sebaliknya pada wanita, benjolan bisa mencapai beberapa buah yang muncul disekitar anus, labia atau paha. Benjolan akan berisi nanah dan bisa menjadi semakin besar. Jika pecah, akan menimbulkan borok atau luka terbuka, untuk ukuran luka umumnya sekitar 2-5 cm.

Diagnosis Penyakit Chancroid

Pemeriksaan awal penyakit chancroid akan dimulai dengan pemeriksaan fisik diskitar area genital serta pemeriksaan kelenjar getah bening di pangkal paha. Demi memastikan diagnosis, dibutuhkan juga kultur (pembiakan kuman melalui media khusus) dari bakteri H.ducreyi, yang di dapat dengan mengambil sampel cairan dari luka. Tetapi, untuk media ini tidak tersedia secara luas.

Pengobatan Penyakit Chancroid

Penyakit chancroid ini bisa disembuhkan dengan pengobatan dan perawatan yang baik, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan kedokter agar mendapatkan diagnosis yang tepat. Dokter biasanya akan memberikan obat antibiotik. Berfungsi untuk membunuh bakteri yang menyebabkan luka serta bisa menurunkan resiko munculnya bekas luka. Jenis antibiotik yang bisa diberikan yaitu: ciprofloxacin, azithromycin, ceftriaxone dan erythromycin.

Jika sudah mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, mungkin dokter akan melakukan penyedotan dengan jarum suntik atau operasi khusus.

Pencegahan Penyakit Chancroid

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah menularnya penyakit chancroid berupa:

  • Tidak berganti – ganti pasangan (setia dengan satu pasangan)
  • Gunakan alat kontrasepsi saat berhubungan seksual
  • Melakukan pemeriksaan secara rutin atau konsultasi dengan dokter.
  • Jaga kesehatan atau daya tahan tubuh anda dengan cara mulai hidup sehat

Demikian informasi kesehatan tentang Pengobatan Penyakit Chancroid yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa bermanfaat serta membantu anda dalam mencegah serta mengobati penyakit ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke media sosial lainya yang ada dibawah ini. Terimakasih.

Tags: